Nasional

DPR Kritik Pembukaan Izin Investasi Layanan Navigasi Penerbangan

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengkritik pembukaan investasi pelayanan navigasi penerbangan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Sigit menilai pelayanan navigasi penerbangan merupakan wujud kedaulatan bangsa yang seharusnya diselenggarakan dan dikelola secara mandiri oleh pemerintah.

“Saat kita sedang berjuang untuk mengambil kembali Flight Information Region (FIR) karena sudah puluhan tahun dikelola Singapura. Mengapa pemerintah justru membuka izin investasi untuk pelayanan navigasi penerbangan,” ujar Sigit dalam keterangan resminya, Jumat (12/3/2021).

“Penguasaan navigasi penerbangan adalah wujud kedaulatan bangsa yang seharusnya tidak dibagi kekuasaan penyelenggaraan dan pengelolaannya kepada pihak asing dan itu dijamin dalam pasal 5 UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia berdaulat penuh dan eksklusif atas wilayah udara Republik Indonesia. Jadi, seharusnya pemerintah tidak asal membuka izin dengan alasan investasi,” sambungnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button