Nasional

DPR: Kilang Pertamina Rata-rata Sudah Tua

INDOPOSCO.ID – Kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina bukan kali pertama terjadi. Kejadian serupa pernah terjadi di Kilang Pertamina di Balikpapan, Dumai dan Cilacap. Peristiwa cenderung berulang dan Pertamina gagal mengantisipasi terhadap kondisi kilang-kilang yang sudah tua.

“Saya mengingatkan Pertamina agar jangan menganggap bahwa stok BBM aman dan tidak terdampak karena kebakaran kilang Balongan berarti permasalahan selesai,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Lamhot Sinaga melalui gawai, Selasa (30/3/2021).

“Masalahnya tidak hanya pada ketersediaan stok BBM, terlalu menyederhanakan persoalan untuk perusahaan besar seperti Pertamina,” imbuhnya.

Kejadian berulang tersebut, menurutnya, safety procedure di Pertamina sangat lemah, dan sangat memalukan untuk perusahaan milik negara. “Jangan sampai muncul pemikiran kalau keamanan stok BBM kita sangat ringkih dan berisiko, karena setiap saat bisa terjadi kebakaran,” katanya.

Ia mengatakan, untuk menghindari kejadian berulang Pertamina harus melakukan asesmen menyeluruh, khususnya terhadap safety procedure di semua kilang dan depo Pertamina di seluruh Indonesia.

“Saya mendesak Pertamina melakukan pemeriksaan mulai dari pertimbangan keselamatan primer ( Primary Safety Considerations), seperti desain tangki, perpipaan tahan api, perangkat pengukur level beserta alarm, perangkat pencegahan kebakaran dan lain-lain,” ungkapnya.

Termasuk, lanjut Lamhot, terkait pertimbangan keselamatan level sekunder, seperti pondasi tangki sesuai standar, deteksi kebocoran, deteksi uap dan gas, pengawasan CCTV dan seterusnya. Serta pertimbangan keselamatan level tertier seperti area keselamatan yang menjamin tidak ada korban masyarakat sekitar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button