Nasional

DPP: DPC Peserta KLB hanya Tujuh Persen

INDOPOSCO.ID – Ketua DPP Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi mempertanyakan keabsahan pelaksanaan kongres luar biasa (KLB) yang diselenggarakan di Sibolga, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). Pasalnya, dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai Demokrat, pelaksanaan KLB harus disetujui oleh Majelis Tinggi.

“Dalam AD ART syarat permintaan KLB itu, 2/3 jumlah pemilik suara sah atau 50 persen+1 dan harus persetujuan Majlis Tinggi,” ujar Dede Yusuf Macan Effendi melalui gawai, Sabtu (6/3/2021).

Terkait penyelenggara KLB mengklaim mengantongi permintaan dari DPD dan DPC partai Demokrat, Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini kembali mempertanyakan pemilih hak suara yang sah di partai Demokrat tersebut.

“Jadi harus ditanya dulu apakah benar itu DPD dan DPC yang sah? Karena yang hadir hanya 7 persen pengurus DPC dan tidak satupun dari DPD yang sah hadir dan meminta KLB,” tegasnya.

Jadi yang datang kebanyakan, masih ujar Dede, adalah bukan pengurus asli, atau hanya sekedar menggenakan jaket Demokrat. Apalagi, menurut mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini, penyelenggaraan KLB dijaga ketat oleh ormas, bukan satgas Demokrat.

“Jadi klaim ini tidak berdasar dan abal Abal. Sungguh aneh bila seorang level pejabat negara yang utama tidak memahami hal ini,” tegasnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button