Nasional

Dosis Ketiga Vaksinasi Kurangi Risiko Nakes Terpapar Covid-19

INDOPOSCO.ID – Dosis ketiga vaksin Covid-19 hanya untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan tenaga pendukungnya. Karena mereka memiliki risiko yang jauh lebih tinggi saat merawat pasien Covid-19.

Pernyataan tersebut diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam acara daring, Minggu (15/8/2021).

Ia mengatakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Kemenkes melakukan studi dengan melibatkan 71.455 tenaga kesehatan di DKI Jakarta pada periode Januari-Juni 2021.

anymind

Menurut dia, pada periode April-Juni, vaksinasi lengkap kurang cukup melindungi tenaga kesehatan dari infeksi Covid-19. Meskipun demikian, vaksinasi lengkap masih efektif melindungi dari risiko perawatan dan kematian akibat Covid-19.

“Ada lima persen nakes yang divaksinasi lengkap dilaporkan terkonfirmasi Covid-19 pada periode April-Juni 2021,” bebernya.

Jumlah tersebut, lanjut Nadia lebih besar dibandingkan dengan Nakes yang terkonfirmasi Covid-19 pada periode Januari-Maret 2021 yang jumlahnya hanya 0.98 persen.

“Sepanjang Januari-Juni tercatat 20 Nakes meninggal akibat Covid-19, sekitar 75 persen kematian karena belum divaksinasi atau baru mendapatkan dosis pertama,” katanya.

Ia menegaskan, vaksinasi terbukti masih efektif dalam menekan risiko perawatan dan kematian pada Nakes. Tentu juga harus diikuti kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ini telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat

Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).” ujarnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button