Ekonomi

Dorong Pengembangan Kemitraan Inkubasi Bisnis Sawit

INDOPOSCO.ID – Pengembangan kemitraan inkubasi bisnis kelapa sawit didorong agar makin berkontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) terus mendukung kemitraan semacam ini dan bisa memfasilitasi agar kebun masyarakat bisa semakin baik dan kelapa sawit semakin berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Dia mengatakan pengembangan pola-pola kemitraan perkebunan sawit rakyat diperlukan untuk menjawab persoalan yang terkait dengan lemahnya bargaining position petani pekebun dalam rantai tata niaga kelapa sawit. Pola kemitraan tersebut juga bisa dilakukan di antaranya dengan mengembangkan inkubasi berbahan dasar sawit.

“Pola kemitraan perkebunan kelapa sawit yang dibangun untuk menyinergikan petani dengan korporasi, baik BUMN ataupun swasta, lalu mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesempatan ekonomi dalam perkebunan kelapa sawit serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Airlangga, seperti dikutip Antara.

Potensi bisnis dari bahan dasar kelapa sawit sangat besar, karena mulai dari buahnya, sabut dan cangkangnya, janjang kosong, pelepah dan daunnya, limbah cair hingga batang pohon kelapa sawit dapat dimanfaatkan dan berharga ekonomi.

Selain itu, sebagai negara produsen terbesar yang menguasai sekitar 55 persen pangsa pasar minyak sawit dunia, serta memanfaatkan tidak lebih dari 10 persen dari total global land bank for vegetable oil, Indonesia mampu menghasilkan 40 persen dari total minyak nabati dunia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button