Nasional

Dorong Optimalisasi Muatan Balik Tol Laut Fakfak Papua

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong optimalisasi muatan balik tol laut, khususnya di Fakfak Papua, dengan menggelar rapat koordinasi lintas sektoral.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Fakfak, Faisal Fattah mengatakan, rakor dilakukan bersama stakeholder pelabuhan guna membahas optimalisasi muatan balik tol Laut tahun 2021 di wilayah tersebut.

Melalui rakor tersebut ia mengharapkan muatan balik tol laut dari daerah tersebut meningkat, mengingat banyak potensi produk-produk lokal unggulan yang dapat dikirim ke daerah lain.

“Harapan saya semoga dengan rakor ini bisa meningkatkan muatan balik tol laut dengan menggali potensi komoditas yang ada di Fakfak dan sekitarnya, termasuk dari Bintuni dan Wahai melalui pemuatan pala di Pelabuhan Fakfak,” kata Faisal dalam rilis di Jakarta, Sabtu (13/3/2021).

Ia menjelaskan keberadaan tol laut tidak hanya bertujuan untuk menekan disparitas harga antar daerah, namun juga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Namun hal tersebut dapat dicapai jika muatan balik tol laut dapat dioptimalkan, sehingga produk-produk lokal bisa terkirim ke pasar yang lebih jauh dan menguntungkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button