Nusantara

Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19 Masih Rendah

INDOPOSCO.ID – Terapi plasma konvalesen dipercaya bisa membantu pemulihan pasien yang terinfeksi Corona. Plasma itu diambil dari pasien yang pernah terpapar Covid-19.

Terapi itu pernah digunakan pula puluhan tahun lalu pada kasus MERS. Sehingga diharapkan mampu membantu untuk mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 diharapkan telah memiliki antibodi sebagai perlawanan sistem imun terhadap virus SARS-CoV-2.

Namun keberadaan pendonor di wilayah Serang, masih terbilang rendah. Ketersediaan ada, tapi harus selektif dalam mendonorkannya.

“Plasma konvalesen ada tapi masih selektif karena ketersediaannya sedikit. Pasien post covid ada yang bersedia. Kemarin kita susah melakukan pengambilan plasma, di RSDP bekerja sama dengan PMI Kabupaten Serang,” kata Humas RSDP Serang, Khoirul Anam, Senin (12/7/2021).

Ia menyebutkan, pendonor plasma konvaselen masih sedikit. Sehingga stoknya tidak ada. Bahkan pengolahannya saat ini baru bisa di Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang

“Masih sedikit. Karena keterbatasan persediaan plasma konvalesen. Stok tidak ada, kalau butuh baru nyari, karena susah. Yang butuh banyak di RS lain juga, yang donor terbatas orangnya,” jelasnya.

Ia menyebutkan, vaksin dan plasma konvaselen memiliki fungsi yang berbeda. Karena vaksin sebagai bentuk pencegahan penularan. “Kalau vaksin pencegakan, kalau plasma pengobatan,” terangnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button