Ekonomi

Dolar Naik Tipis, Fokus Beralih ke Data Inflasi AS dan Pertemuan ECB

INDOPOSCO.ID – Dolar sedikit menguat dan keluar dari posisi terendah sesi pada akhir perdagangan Rabu (9/6) atau Kamis (10/6) pagi WIB, saat investor fokus pada laporan indeks harga konsumen AS dan pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan datang untuk membantu mengukur laju pemulihan ekonomi saat ini.

Laporan inflasi AS dan pertemuan ECB akan berlangsung Kamis waktu setempat, dan investor telah mengadopsi sikap menunggu dan melihat, meninggalkan mata uang utama sebagian besar terjebak dalam kisaran ketat baru-baru ini.

Data harga konsumen Departemen Tenaga Kerja AS telah banyak diantisipasi setelah laporan bulan lalu menunjukkan harga konsumen meningkat paling tinggi dalam hampir 12 tahun pada April, memicu pandangan bahwa harga-harga yang lebih tinggi dapat bertahan lebih lama daripada yang diperkirakan banyak orang. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan IHK naik 0,4 persen pada Mei.

Sebelumnya, data harga produsen China untuk Mei menunjukkan lonjakan terbesar dalam belasan tahun, dan harga-harga konsumen negara itu naik 1,3 persen pada Mei – kenaikan tahun ke tahun terbesar dalam delapan bulan – tetapi di bawah ekspektasi.

Dengan ECB, investor akan mengawasi setiap petunjuk tentang perlambatan yang akan segera terjadi pada program pembelian obligasi.

Bank sentral Kanada (BoC) pada Rabu (9/6) membiarkan suku bunga utamanya tidak berubah seperti yang diperkirakan, dan mengatakan akan mempertahankan kebijakan pelonggaran kuantitatif saat ini. BoC juga menegaskan kembali panduannya bahwa suku bunga akan tetap tidak berubah hingga setidaknya paruh kedua 2022.

Dolar Kanada naik terhadap greenback setelah pengumuman tersebut. Dalam perdagangan sore dolar Kanada datar di 1,21 per dolar AS

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya terakhir menguat tipis 0,03 persen pada 90,14, dengan euro juga hampir tidak berubah pada 1,2176 dolar AS.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button