Gaya Hidup

Dokter: Penderita Jantung Atur Pola Makan saat Puasa

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis jantung di Semen Padang Hospital dr. Eka Fithra Elfi Sp. JP(K) menyarankan penderita penyakit jantung mengatur dan menjaga pola makan saat berpuasa.

“Saat berpuasa, penderita penyakit jantung diminta untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan yang berminyak, hingga makanan yang berkolesterol tinggi,” kata dia di Padang seperti dilansir Antara, Minggu (25/4/2021).

Selain menjaga pola makanan, ia mengatakan, penderita penyakit jantung sebaiknya berolahraga selama berpuasa.

Aktif bergerak dan rutin berolahraga, ia melanjutkan, dapat memperkuat otot jantung, menjaga berat badan ideal, dan mencegah kerusakan arteri.

“Penderita jantung dianjurkan tetap berolahraga baik saat berpuasa ataupun tidak, namun bukan aktivitas yang berat. Jika sedang berpuasa, olahraga yang disarankan yaitu jalan atau bersepeda dengan durasi 15 sampai 30 menit,” katanya.

“Lakukan olahraga tersebut minimal tiga kali seminggu. Jadi penderita jantung diharuskan olahraga dalam seminggu itu 150 menit,” ia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa faktor penyebab penyakit jantung antara lain kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi, kadar kolesterol HDL rendah, hipertensi, diabetes, gaya hidup tidak sehat, konsumsi rokok, obesitas, kurang olahraga, serta faktor keturunan.

“Jika rasanya gaya hidup yang dijalani tidak sehat dan ada indikasi mengarah ke penyakit jantung, segera lakukan pemeriksaan agar tidak terlambat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button