Nasional

Dituding Hilangkan Kasus Kematian Covid-19, Ini Kata Kemenkes

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi membantah tudingan platform LaporCovid19, telah menghilangkan data kasus kematian pasien Covid-19 di tingkat kabupaten dan kota.

Melalui akun Twitter @LaporCovid pada 18 Juli 2021, disebutkan Kemenkes menghilangkan data korban Covid-19 sebanyak 18.747 orang atau 26 persen dari data yang dilaporkan kabupaten/kota pada 16 Juli 2021.

“Terkait pernyataan Laporcovid-19, kami dapat sampaikan bahwa diksi tentang Kemenkes “menghilangkan” tersebut tidak benar, tidak ada data yang dibuang atau tidak disampaikan,” kata Nadia melalui gawai di Jakarta, Kamis (22/9/2021).

Mengenai data Covid-19, menurutnya laporan yang disampaikan pemerintah daerah kabupaten/kota saat dilakukan verifikasi sering tidak diserta data pendukung yang memadai.

Seperti halnya kasus probable, orang yang masih dalam kategori suspek dan memiliki gejala ISPA berat, gagal napas, atau meninggal dunia. Namun belum ada hasil pemeriksaan positif Covid-19.

“Contohnya kalau ada data kasus kematian yang probable setelah hasil lab keluar, maka harus dilaporkan segera ke Kemenkes,” tutur Nadia.

Pihaknya mengakui menemukan kendala pada pelaporan hasil pemeriksaan Covid-19 melalui laboratorium. Sengkarut data Covid-19 dianggap tak kunjung selesai.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button