Disway

Mas Bechi

Kian lama kian banyak orang yang punya masalah: ikut Kautsaran. Termasuk masalah karir dan jabatan. Juga masalah kejombloan dan perjodohan. Masalah keinginan yang harus terkabulkan.

Beredarlah kisah sukses dari zikir itu. Dimulai oleh sukses Muchtar sendiri. Ia sudah lama punya keinginan membeli buku: Ikhya Ulumuddin. Empat jilid. Karya filsuf Islam Imam Al Ghozali (meninggal tahun 1111 di wilayah yang sekarang disebut Iran).

Akhirnya buku itu terbeli. Seharga Rp40.000. Ia merasa capaian itu berkat zikir Kautsar.

Berita Terkait

Begitu banyak pejabat tinggi yang datang ke Ploso. Yang lokal maupun nasional. Sipil dan militer. Dengan segala macam kepentingan.

Kian besarlah daya tarik Pondok Shiddiqiyyah, Ploso.

Tapi lonjakan terbesar terjadi pada 1970. Menjelang Pemilu pertama di zaman Orde Baru. Saat itu Golkar harus menang. Partai-partai dianggap tidak berhasil memakmurkan bangsa. Partai-partai harus kalah: NU, Parmusi, PSII, PERTI, Partai Kristen Indonesia, Partai Katolik, Partai Murba, IPKI, dan PNI.

Untuk kemenangan Golkar itu dimunculkanlah operasi khusus. Opsus. Dipimpin arsitek rekayasa politik zaman itu: Mayjen Ali Moertopo.

Dimunculkanlah ekstremis yang disebut Komando Jihad. Untuk kemudian ditumpas habis. Orang Islam pun ketakutan untuk tidak memilih Golkar.

Pola Opsus ini masih terus dipakai dalam beberapa Pemilu berikutnya. Tahap berikutnya sembilan partai itu harus diringkas menjadi dua saja: partai spiritualis materialis dan partai materialis spiritualis. PPP dan PDI. Indonesia pun stabil.

Nama Muchtar banyak dikaitkan dengan Opsus ini. Karena itu pondok ini tidak pernah satu barisan dengan pondok besar Jombang lainnya.

Ia tidak NU juga tidak Muhammadiyah –hanya ubudiahnya lebih dekat ke NU. Kemajuan pondok Muchtar justru lebih banyak dikelompokkan di satu barisan dengan Pondok al-Zaitun di Kuningan, Jabar.

Padahal yang lima besar di Jombang itu pun juga ada yang mendukung Golkar sejak awal: KH Mustain Romli Rejoso, Peterongan.

Di era itulah, pada 1970-an itu, berdiri bangunan bertingkat pertama di pondok Ploso. Di sebelah gubuk pertama. Gedung itu diberi nama Majmal Bahrain. Pertemuan dua samudera. Kelak nama itu juga menjadi nama perguruan tinggi di kompleks pondok.

Kebangkitan besar berikutnya ketika didirikan kelompok Shiddiqiyyah putri. Awalnya diberi nama panjang: Jamiyah Kautsaran Putri Fatinah Binti Maimun Hibbatullah Dewi Ratna Swari Shiddiqiyyah.

Berkembang pesat. Saya lupa mana yang lebih dulu: pembentukan Shiddiqiyyah Putri atau meninggalnya KH Musta’in Romli.

Waktu itu Musta’in juga seorang Mursyid. Dari aliran Tarekat Nahshabandiyah. Pengikutnya juga sangat besar. Mereka ini banyak yang beralih ke Shiddiqiyyah setelah sang Mursyid meninggal dunia.

Mas Bechi kini hidup di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Surabaya di Medaeng, Sidoarjo. Izin pondok itu sendiri dicabut. Saya masih sulit mencerna hubungan antara kasus penahanan ini dengan pencabutan izin itu.

Mungkin perlu Kautsaran tiga hari tiga malam untuk memahaminya. (*)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul Satindra

thamrindahlan

Dialog panjang Ujungnya penciuman Ngendus ngendus Mata ditutup kain hitam Cara latihan tingkatkan Kemampuan indra penciuman Belajar ke pawang Anda sudah tahu Hewan apa Penciumannya tajam Salamsalaman

rid kc

Bagaimana cara memperkecil kandungan ph. Itu yang saya pelajari. Ph sangat berbahaya bagi lingkungan. Jangan sampai tanah kita mengandung ph yang tinggi sehingga meracuni generasi berikutnya. Ternyata PMK tidak begitu berbahaya kayak yang sudah digembor-gemborkan selama ini. Memang medsos dan media elektronik bisa bikin PMK ini viral dan membuat peternak khawatir. Ternyata obatnya mudah. Semoga segera hilang penyakit PMK ini

Jimmy Marta

Ingat 3 D. diraba, diterawang, dicium..

Fauzan Samsuri

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik selain bisa dikenali dengan indra lain (suara dengan telinga, warna dengan mata) juga bisa dikenali oleh otak, maka saya setuju dengan dr Indro Cahyono kalau pemikiran juga indra, lebih tepatnya buah dari pembacaan yang dilakukan oleh indra otak

bagus aryo sutikno

Salah satu cara memperoleh pH rendah, saat memberi damen, damennya diberi siraman urea. Minumnya katul diberi garam. Kandangnya disiram banyu wayu, air kemarin dari sumur. Peternak2 githu biasanya. Kalau saya pilih mie ramen. Airnya kelapa muda pake cocopandan.

Mundir Ansori Al Fauroni

manfaat indra penciuman bisa juga untuk memilih jodoh “jangan pernah percaya klo wanita itu cantik klo kamu cuma bisa melihatnya nanti kena PHP, percayalah wanita itu cantik klo kamu sdh bisa menciumnya”

Muin TV

Sebenarnya… Yang ditakutkan dai harga sawit yang jeblok ini adalah: petani tidak tahan untuk merawat kebunnya. Akhirnya kebun itu dijual dan diborong oleh pengusaha besar. Kemarin teman saya lagi sibuk menjualkan kebun sawin seluas 800 ha. Siapa yang bisa beli kebun seluas ini? Ya… pengusaha besar.

AndiAsmat Channel

Membuat air pH dibawah 3 yang foodgrade mudah asal punya mesin LeveLuk SD501 atau lebih dikenal sebagai mesin kangen water. Mesin itu bisa bikin air pH 2,5 atau strong acidic water. Semoga para peternak sudah punya mesinnya atau bertetangga dengan pemilik mesin LeveLuk

Budi Utomo

hmmm… Harus banyak melatih indra penciuman mulai sekarang, biar pemilu 2024 nanti tidak kena PHP. Tapi berlatihnya mencium siapa ya ? kan kalau melatih indra penciuman harus sesering mungkin dan dengan obyek yang berbeda, biar indra penciuman peka.

Ahdina Bahronie

Bah ..ibu ,,istriku dan teman2 cewek di WAG lgi ngeluh soal harga bawang merah dan putih.tolong di angkat di disway…lha mosok negeri yg katanya tongkat dan batu jadi tanaman semua harga produk pertanian pada mahal gini

Alon Masz Eh

Mungkin begini gaya buku drh. Indro. Ada pertanyaan, ada jawaban. Semoga yg punya catatan sedang repot saja. Ndak lagi ngurusi comberan buat nyembelih. Ndak sampe ga mood setengah-setengah. Bahaya kalo sampe marah ga setengah-setengah. Ambil jatah cuti nulis, ga mood. Pembantu aja dapat cuti lebaran. Orang sakit aja cuti komentar. si bos mau libur, mau sakit pun sik bikin Tulisan. Kurang enak gimana yg ngeklik? Tulisan sesederhana apapun butuh waktu cari referensi, menggabungkan, dianalisa, dibikin simple, lalu diceritakan yang enak. Telat 3 jam aja pada protes, apalagi cuti 7 hari. #Lek tulisan ga tepak karepe ojok nemen2 lek nyamblek rek…

Anwarul Fajri

pantes drh. Indro Cahyono punya 6 indra bukan pancaindra lagi. Satunya adalah indra indro cahyono itu sendiri….. Hahahaha Abah sampean teksih esih remen artho??? (jare mbah pry) berarti indra penciuman uang sampean tajam….. Hahahaha #cekketularantajir Mbah pry ojok ngiler yo….. Hahahaha

Jimmy Marta

Beruang ternyata hewan paling tajam indera penciumannya. 2100 kali lebih kuat dari manusia. Jarak 30km bisa mengendus bangkai hewan lain. Tapi di manusia juga ada seperti beruang. Tajam penciuman, kuat insting bisnisnya. Hebat dalam mengembangkan kekayaannya. Manusia ber uang..

Hendra Tanudjaja

Yang saya masih penasaran apakah tubuh manusia bisa jadi perantara virus PMK ? Cairan PH rendah food grade bisa pakai cuka masak

Johannes Kitono

Tidak jelas Satindra itu nama virus baru atau singkatan Sapi ini asuhan drh Indra atau drh Indro. Tentu saja hanya juragan Disway yang tahu. Bagi yang sudah maupun belum terima buku ” Panduan Rakyat Indonesia Melawan Pandemi Covid- 19 ” karangan Drh Indro Cahyono, inilah eksekutif summary dari buku tsb. Dimana juragan Disway memberi Kata Pengantar dengan gelar kebesaran Prof.dr.( H.C.) Dahlan Iskan, yang merupakan standar baku untuk tulisan ilmiah. Jadi tambah beruntunglah yang sudah terima buku gratis tsb. Khusus bagi yang ingin tahu cairan PH rendah dan katanya bisa bikin sendiri. Pakailah EE ( Eco- Enziem). Selamat mencoba dan pertajam indra keenam kita.Ikan Hiu bisa mencium mangsanya diair dalam jarak 800 m.

Lukman bin Saleh

“Seperti pada hewan.” Setuju. Lihatlah. Ikan tidak pernah mengotori lautan. Hewan2 d darat tidak pernah merusak hutan. Burung2 tdk pernah mencemari udara. Ya. Dalam banyak hal. Sebaiknya manusia hidup spt hewan…

Harun Sohar

Kadangkala manusia itu tidak fokus. Sejenak hilang konsentrasi, apalagi bila ketemu Satindra yang menawan, lembut tutur katanya, santun, cerdas, berprestasi dan sexy. Jangankan saya, sekelas Abah Dahlanpun pasti melongo, konsentrasi langsung hilang. Entah mau menulis judul apa hingga jari mengetik Satindra. Sangat manusiawi. Kata iklan, minum dulu Aqua.

Pedro Patran

1. Eka 2. Dwi 3. Tri 4. Catur 5. Panca 6. Sat 7. Sapta 8. Asta 9. Nawa 10. Dasa Satindra – Enam Indra

Dian Gambar

Di jaman online seperti sekarang, indra penciuman jadi tidak berdaya guna untuk mendeteksi unsur-unsur berbau PHP yang dikirim lewat internet.

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button