Disway

Yafira 1.5

Ayah Jack petani tambak. Luas tambaknya hanya 4.000 meter. Jack tidak sampai hati minta uang ke orang tua untuk kuliah. Begitu tamat SMK ia pilih merantau ke Jakarta. Kerja apa saja. Terutama yang terkait dengan pengembangan website dan software.

Setelah 12 tahun di Jakarta, Covid masuk Indonesia. Jack terpikir ayah, ibu dan adik satu-satunya, wanita. Jack memutuskan untuk pulang ke desa di Lamongan itu. Ia membawa serta istri dan anaknya.
Rumah ayahnya itulah yang ia jadikan pusat operasi perusahaan digitalnya. Dinding kayu tua ia ganti dengan beton. Ia bangun gedung tiga lantai. Yang terbawah untuk kamarnya, kamar bapak-ibunya, dan kamar adiknya. Lantai dua dan tiga untuk operasi perusahaan.

Di atas lantai tiga itu untuk gym (beratap) dan kolam renang menghadap langit. Semua itu untuk karyawannya: kini lebih 100 orang. Rumah-rumah desa di sebelah-sebelahnya kini ikut berubah. Menjadi rumah modern: untuk kos-kosan karyawan Yafira.

Berita Terkait

Gedung baru Yafira 1.5 hanya 300-an meter dari rumah orang tuanya itu. Usaha digitalnya berkembang pesat. Satu kantor tidak lagi cukup. Jack sebenarnya ingin membangun gedung yang megah dan tinggi. Seperti di kota besar. Tapi itu memakan waktu lama. Ia perlu tambahan kantor mendesak.

Sebagai ”jalan tengah” Jack membangun dulu Yafira 1.5. Berarti kelak akan ada Yafira 2.0 yang megah. Dan seterusnya. Saya diperkenalkan dengan adiknya yang cantik itu: Masuliyah Azaliyatul Afidah. Dipanggil Aza. Umurnya baru 20 tahun. Masih di Semester 4 Teknik Perminyakan (Geologi) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Aza menjabat direktur di Yafira. Satu-satunya direktur. Jack sendiri tidak menjabat apa-apa. Ia pendiri dan otaknya. Jack sangat mencintai adiknya itu. Ia yang membiayai sang adik kuliah di UGM. Ia juga yang menginginkan agar si adik lebih maju dari dirinya.

Aza. Wanita. Di desa. Umur 20 tahun jadi direktur perusahaan digital yang maju. Saya mengaku kalah melihat Jack di desa Lamongan ini. Beda umur ternyata beda pandangan dalam berbisnis. Ia kembali ke desa. Ia berkembang begitu pesat. Ia begitu memikirkan keluarga.

Lewat digital, Jack membangun desanya. ”Jack” adalah nama globalnya. Itu namanya di dunia digital. Orang-orang di luar negerilah yang pertama memanggilnya Jack. Lalu jadi nama panggilan yang lebih populer dari nama aslinya: Muhammad Aminuddin. (*)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul Ibu Anak
CuNur Yani
Sepertinya minyak goreng juga lagi diculik orangtuanya, surat ijin pengadilan belum didapatkan …. (polisi, Bulog, Mendag, BUMN) atau siapa yang berhak menyelidikinya?? saya juga mau menampungnya kalau minyak goreng sudah ditemukan, jadi keluarga asuhnya hehe…

Sugeng Pramono
Contoh kasus yang menyampaikan pesan bahwa peran menjadi orang tua memiliki tanggung jawab. Aspek lain dalam tata hidup ada hukum yg bertujuan agar tercipta keadilan dan keamanan. Maka tetap perlu hukum ditegakkan dengan juga memperhatikan aspek yang lebih luas. Berikutnya, biarlah hukum tetap jalan. Dan aspek tanggung jawab orang tua juga berjalan.

Amat Kasela
Gandum tetaplah gandum Gandum diolah jadi makanan Hukum tetaplah hukum Yang melanggar dapat hukuman Soto Banjar makanan kuah Sebelum makan ingatlah doa Tiap orang pernah bersalah Berhak dapat kesempatan kedua

Hardiyanto Prasetiyo
Alur ceritanya mirip film “Kidnap”, the power of mother, kekuatan seorang ibu (Karla) yg tdk menyerah untuk menemukan anaknya (Frankie) yg diculik hingga membongkar puluhan anak yg jg diculik di rumah si penculik. Bahkan ada salah satu anak yg diculik msh jadi DPO polisi hampir 2 tahun blm jg ditemukan. Latar belakang tempatnya jg sama di Amerika. Film ini genrenya Action Thriller. Ratingnya pun cukup bagus 5.9 dari skala 10. Barangkali di Amerika banyak penculikan yg terinspirasi dari film-film penculikan yg dibuat sendiri.

Tukang OBAT
oooh ngono toh… kebahagiaan anak wong amrik lihat mc’D suenenge tenan, anakku level bahagianya kalau naik odong2, katanya seperti duduk di kulsi pejabat, uenake poll ra gelem mundun.

JhoenPasta LogosPoenya
untuk yg ke skian kalinya… di toilet sangu hp baca disway sikile sampe gring gingen….ehhehe

yea a-ina
Cerita di Amerika, ternyata si anak diculik ibu kandungnyi sendiri. Ada cerita di ah-mriki, bukan migornya yang diculik. Lhadalah ternyata subsidinya yang terculik. Seperti kucing meang-meong ngglibet disekitar kita. Jika kurang kewaspadaan, di sambar juga ikan asin “subsidi”. Kucing sudah biasa pura-pura jinak. Tapi ingat, ada jenis kucing dengan stempel garong. Tampak jinak meang-meong hanya sebagai kamuflase siap menggarong. Kucing lho ya bukan lainnya

St. Chan
Bukan permen sembarang permen, Permen yg ini aneka rasa. Bukan komen sembarang komen, Komen perdana setelah sekian lama. Kuceng oren main di tasik, Komen pantun lebih asik..

Johan
Tidak ada yang lebih buruk untuk seorang anak daripada kehilangan orang tua kandungnya, terutama lagi kehilangan seorang ibu. Hati saya perih dan rasa haru menyelimuti jiwa bila terkenang pada perpisahan selamanya dengan mendiang ibu. Usapan lembut terakhir sebelum maut menjemput membekas dalam kalbu. Hati ini ingin menjerit, bawalah aku bersamamu Ibu!

Edd Reader
Transaksi saham diatas 10jt kena biaya materai 10rb. Transaksi jual beli tanah atau rumah harus daftar BPJS yg artinya harus bayar iuran tiap bulan. Aturan mencairkan JHT diubah, bisa dicairkan kalau usia sdh 56tahun. Cara baru menarik setoran dari rakyat. Tahun 2022 belum genap 2bln, tapi rakyat mulai dipepet dg aturan2 baru yg membagongkan. Dilain pihak, proyek IKN harus jalan, anggarannya perkiraan sebesar sekitar 2T katanya. Pas sekali dg heboh calon sumbangan Akidi Tio yg juga membagongkan.

Ben Real
Hukum ada memang untuk dilanggar. Yang mungkin potensi melanggar biasanya yang paham hukum sendiri. Sayang minyak goreng hilang , baru partai nganu yang bisa menemukan 10 ton.

Leong Putu
Mestinya dibuat juga undang2 yang menjamin, jika ada seorang istri kurang mendapat perhatian. Agar bisa dititipkan ke seorang suami asuh. Wkwkwkwk… Kabboooor…….

Buzzer NKRI
buka tokopedia, buka shopee dll minyak goreng melimpah di toko2 kecil minyak goreng juga melimpah yg hilang yg subsidi gara2 panic buying plus harga di bawah pasar namanya juga tukang goreng isu minyak goreng digoreng melulu kayak gonggongan a**

Isya Mahfud
Kalo itu terjadi di negeri +62…akan selesai dgn Materai 10.000.

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button