Disway

Semeru 5 Cm

Sumbatan kawah itulah yang jebol ketika Semeru meletus. Yang kecil-kecil menjadi abu yang beterbangan. Yang lain jadi lahar yang menumpuk di puncak. Ketika hujan deras menjadi sangat lebat, tumpukan itu longsor.

Begitulah terjadi terus menerus. Berulang. Kali ini jumlah yang longsor sangat banyak dan longsornya ke satu arah. Nama Semeru, menurut orang yang pernah mendakinya, dari bahasa Sansekerta. “Artinya: Gunung yang Agung,” ujar Rocky Gerung, si pendaki gunung.

Semeru menjadi terkenal setelah Soe Hok Gie meninggal di sana. Pendaki gunung itu meninggal karena terhirup asap beracun.

Berita Terkait

Semeru lebih terkenal lagi karena salah satu danaunya, Ranu Kumbolo, jadi lokasi syuting film 5 Cm. Bagi orang Lumajang sendiri Semeru terkenal karena pasirnya. Jauh sejak sebelum Soe Hok Gie dan 5 Cm. (*)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Artikel Berjudul Hadiah Natal

Disway 230980

Artikel pagi ini agak kurang akurat menceritakan kronologisnya. WA sang mama yg berisi … carilah cara supaya tidak ketahuan, itu dikirim sebelum penembakan, tepatnya 3 hari sebelumnya, saat ethan dipergoki gurunya browsing/searching tentang peluru di HP-nya.

Pedro Lincalinci

Nama si penembak adalah Ethan, bukan kulon, apalagi lor dan juga bukan pula kidul. Kemarim dulu ada jamaah disway yg mengomentari salah satu jamaah yg entah lupa atu disengaja, setelah tanda baca ‘titik’ lanjut tanpa spasi, sehingga bacanya jadi capek, ngab ngaban nafasnya, katanya. Jadi ingat waktu saya SD kelas 2 (dua) pada tahun jadull lah.. pokoknya.  Saat itu ibu Guru memberi materi dikte kalimat yg harus ditulis oleh murid². Kalimat yg didiktekan ibu Guru: “Etanku Landa Lan Cina”. Ada satu teman yg nulisnya tanpa spasi menjadi “Etankulandalancina”. Ibu Guru meminta salah satu murid lain, dan… bacaannyapun jadi beda “Etan Kulon Dalan Cina” wakwkwkwk…

Eter Indra

Candaan madura” ana caraka data sawala, anak se langka eppak se sala”, anak yang nakal bapak yang salah…

 

gio abipraya

INFO SEMERU: Bah, jembatan penghubung antara malang-lumajang yang beberapa hari lalu abah lalui sekarang putus bah….

Kined Kined

Saat tinggal di Jepang dulu ada kewajiban latihan ketika ada gempa. Salah satunya adalah bersembunyi di bawah meja ketika gempa. Dan latihan ini saya praktekan ketika terjadi gempa beneran 9.0 SR di Jepang. Di amerika berlindung di bawah meja ternyata untuk latihan melindungi diri dari tembakan, bukan dari gempa.

Firli Dina

Aba DI yang ditarik senapannya di AS kenapa yang meletus semeru di lumajang Salam sehat aba

bitrik sulaiman

Sini gunung sana gunung Berdiri tegak seperti patung Kalau awan hitam tetap menggantung Tanda masalah yg terkatung-katung.

Mirza Mirwan

Hanya meluruskan: “Detroit hanya dipisahkan sejengkal air laut dari kota kecil di Kanada itu,” tulis Pak DI. Kota kecil yg dimaksud Pak DI, sepertinya, Windsor, Provinsi Ontario. Tetapi perairan yg memisahkan Detroit dengan Windsor bukanlah air laut, melainkan air tawar. Dan meakipun di bagian yg paling sempit sekalipun masih lebih lebar ketimbang Sungai Mahakam di Kaltim, yg memisahkan Detroit dg Windsor itu juga disebut sungai. Namanya juga Sungai Detroit, yg mengalir dari Danau St Claire ke Danau Erie — yg kemudian masuk ke Sungai Niagara menuju Danau Ontario, lalu melalui Sungai St Lawrence menuju ke Lautan Atlantik. Tiga danau besar yg terhubung: Superior, Michigan dan Huron, airnya menuju Atlantik melalui Sungai St Claire –> Danau St Claire –> Sungai Detroit –> Danau Erie –> Sungai. Niagara –> Danau Ontario –> Sungai St Lawrence –> Atlantik. Tetapi dari Detroit ke Windsor juga dihubungkan oleh jembatan berbayar (tol), The Ambassador Bridge. Panjangnya lebih dari 2 km. Itu jembatan lebih tua ketimbang jembatan di New Hampshire, tempat Biden pidato kapan hari itu. Itu saja.

Johan

Kadang saya pikir kok susah ya, untuk berbesar hati menerima kenyataan. Dalam satu pohon ada buah yang busuk itu hal jamak, bukan berarti pohonnya yg busuk. Tinggal buah yang busuk kita potong dan buang, bukan dengan menyangkal buah itu bukan dari pohon tersebut. Simpel toh.

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button