Disway

Merdeka 19 Juni

Sebenarnya ironis menjadikan Jackson lambang di mata uang kertas USD 20. Jackson adalah presiden yang menentang pencetakan uang kertas. Ia takut mengacaukan moneter karena mudah dipalsu. Jackson bahkan anti-bank nasional: dianggap mengurangi otonomi negara bagian. Menurut Jackson tiap negara bagian biarlah memiliki bank sentral sendiri.

Dalam catatan sejarah mata uang, tidak pernah ada penjelasan mengapa wajah Jackson dipilih. Hanya tercatat bahwa wajah lama Stephen Grover Cleveland akan dipindah ke lembaran uang USD 1.000. Harus ada penggantinya. Cleveland menjadi presiden dua kali. Pada 1885 dan 1893. Ia presiden ke 22 dan ke 24.
Lembaran uang USD 1.000 belakangan dihapus. Dolar terbesar adalah USD 100.

Tuntutan mengganti wajah Jackson muncul sejak lebih 10 tahun lalu. Seiring dengan kuatnya gerakan emansipasi wanita.
Selama ini belum pernah ada wajah wanita yang jadi hiasan uang kertas. Para pejuang itu punya target: pada 2020 harus ada perubahan.

Berita Terkait

Pada 2020 adalah 100 tahun keberhasilan penting dalam sejarah wanita di Amerika. Yakni ketika wanita Amerika mulai memiliki hak pilih. Ternyata perlu perjuangan 200 tahun, pun di Amerika, agar wanita punya hak pilih.

Diadakanlah jajak pendapat: siapa wanita yang pantas diabadikan di uang kertas. Ketemulah 15 nama paling dikehendaki. Termasuk –sesuai urutan terbanyak– Harriet Tubman, Eleanor Roosevelt, Rosa Parks, dan Wilma Mankiller.

Yang pertama itu adalah wanita biasa kulit hitam, yang kemudian jadi tokoh pejuang penghapusan perbudakan. Dia menyelundupkan banyak budak agar bisa bebas. Dengan cara yang sangat dramatik.
Sedang nama terakhir adalah wanita suku asli Indian dari sub suku Cherokee. Selebihnya, Anda sudah tahu siapa mereka.

Terpilihnya Donald Trump membuat rencana itu berantakan. Mula-mula Trump tidak setuju gambar di uang dikaitkan dengan politik. Lalu tidak setuju dimulai 2020. Terlalu tergesa. Akan ada kesulitan teknis. Muncul lagi alasan: desain uang akan ditinjau ulang secara keseluruhan.

Pada 2020 pun lewat begitu saja.
Intinya: tokoh kulit putih tidak boleh disingkirkan dan diganti kulit hitam. Apalagi Jackson adalah lambang supremasi kulit putih. Jackson memiliki 300 budak kulit hitam. Penderitaan mereka masih tergambar di museum yang saya kunjungi itu.

Bagaimana dengan sekarang? Setelah Biden yang jadi presiden? Adakah Harriet jadi menggantikan Jackson?

“Akan dipercepat,” ujar juru bicara Gedung Putih. Berarti belum mulai minggu depan.
Setidaknya dalam dua minggu ini akan ada dua hari kemerdekaan Amerika: hari ini dan 4 Juli, dua pekan lagi. Siapa bilang itu repot? Kita menganggap kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Belanda menganggap Indonesia merdeka pada 27 Desember tahun 1949. (*)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button