Nusantara

Disupport KS, Kejati Banten Bangun Rutan dan Pelayanan Hukum

INDOPOSCO.ID – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten sedang membangun ruang tahanan (Rutan) untuk mempermudah penegakan hukum. Pembangunan itu bisa berjalan setelah mendapat support dari PT. Krakatau Steel (KS).

Kepala Kejati Banten Asep Nana Mulyana mengatakan, sejauh ini Kejati sering kesulitan dalam menitipkan tahanan kasus korupsi. Sehingga, pemeriksaan perkara kerap terhambat dalam hal waktu.

Ditambah dalam situasi pandemi Covid-19, banyak standar aturan yang harus dipenuhi oleh tahanan, teutama pada kondisi kesehatannya. Kesulitan lain, tim Kejati Banten harus menjemput dan mengantarkannya demi melakukan pemeriksaan.

“Jadi berawal dri kesulitan kami di lapanganan, apalagi di Covid-19 ini. Yang selama ini kami kesulitan tahanan sementara kami, saya sudah berkomunikasi dengan Kemkumham, dengan pak Kanwil untuk membuka rumah tahanan sementara sampai nanti persidangan,” katanya saat ditemui di lokasi, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, bangunan itu akan memiliki kapasitas tahanan 10 orang, dengan beberapa ruangan pemisah antara tahanan pria dan wanita. Pembangunan rutan bagian dari komitmen Kejati Banten dalam konteks melaksanakan tugas dan fungsi Kejaksaan, menyinergikan antara kinerja, integritas serta profesioalitas.

“Bukan penolakan, tapi syarat tetap persoalan standardisasi. Jadi kami mau menitipkan tahanan tentu dengan syarat ketat. Kami memahami betul kondisi rutan yang sangat terbatas. Ini kelemahan kami, sehingga ketika mau menahan kami harus mencari-cari di rutan mana yang kosong. Dengan adanya ini, kesulitan di Kejati akan tertangani,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button