Nusantara

Dindikbud Banten Siap Selenggarakan PPDB Online

INDOPOSCO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, menjanjikan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021 tingkat sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri akan lebih baik dari tahun sebelumnya, dan dilakukan secara online, untuk mencegah berkumpulnya para calon siswa dan orang tua murid secara fisik di sekolah tujuan.

“Penerimaan siswa baru tahun ini semunya dilakukan secara online,untuk menghindari kerumunan calon siswa dan wali murid di sekolah tujuan,mengingat belum berakhirnya masa pandemi Covid-19,” ujar Kepala Dindikbud Banten, Tabrani didampingi Sekretaris Dinidkbud, Taqwim kepada INDOPOSCO usai rapat koodinasi persiapan PPDB dengan para kepala sekolah dan kepala KCD (Kantor Cabang Dinas) di SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS) Pandeglang, Kamis (27/5/2021).

Tabrani menjelaskan, secara garis besar tidak ada perubahan mendasar dibandingan dengan PPDB tahun 2020 lalu, yakni dengan sistem jalur zonasi,prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua, dengan tetap mengacu kepada surat edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dijelaskan,penerimaan calon siswa baru melalui jalur zonasi adalah, berdasarkan lokasi tempat tinggal calon siswa dengan bobot penerimaan maksmimal 50 persen. Tiga lainnya adalah jalur afirmasi, perpindahan orangtua dan jalur prestasi nonakademik.

“Minimal 50 persen dari daya tampung sekolah itu diisi dari jalur zonasi, dan sisanya baru dari jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua,” cetusnya.

Untuk mendukung pelaksaan PPDB online ini, pihaknya akan bekerjasama dengan perusahaan penyedia internet. Sistem ini dijalankan dengan teknologi web untuk membantu pihak sekolah dalam melaksanakan PPDB dengan lebih mudah, cepat, transparan, akurat dan akuntabel secara online.

Untuk keperluan PPDB tahun ini, para calon siswa dapat menggunakan perangkat komputer, telepon seluler atau gawai (gadget) lainnya. Proses verifikasi pendaftaran online calon siswa oleh admin atau operator sekolah dilakukan dari rumah.

“Jadi semuanya dapat dilakuan calon siswa baru dari rumah,” tuturnya. (yas)

Sponsored Content
Back to top button