Nusantara

Dihantam Gelombang, 4 ABK Hilang di Laut Gorontalo

INDOPOSCO.ID – Sebanyak empat orang anak buah kapal (ABK) kapal ikan KM Mina Maritim 138, asal Kecamatan Gentuma, dilaporkan hilang akibat kapal dihantam gelombang pasang di wilayah barat perairan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Ikbal Al Idrus, Ketua Kelompok Kapal Bantuan Mina Maritim Provinsi Gorontalo, berkapasitas 32 Gross Ton (GT) itu, di Gorontalo, Jumat, menjelaskan, insiden naas menimpa para anggota kelompoknya terjadi pukul 10.00 WITA, pas di 15 mil laut dari kawasan Pulau Raja, Kecamatan Sumalata Timur.

“Kapal dihantam gelombang besar, termasuk sampan motor speed yang ada di kapal tersebut membuat empat ABK terlempar hingga saat ini belum ditemukan,” ujar Ikbal.

Informasi dari Kapten Kapal KM Mina Maritim 138, Adhan menyatakan, tiba- tiba empat orang ABK itu jatuh ke laut karena dihantam gelombang besar, sedangkan 16 ABK yang lain dalam kondisi selamat.

Posisi ke empatnya langsung tidak terlihat karena perairan sedang diterjang hujan lebat, namun dipastikan tiga orang diantaranya menggunakan pelampung life jacket.

Kejadian dilaporkan Kapten kapal pada pukul 13.00 WITA, dan pihaknya ujar Ikbal, langsung melaporkannya ke pemerintah daerah setempat.

Rizan Demanto, tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten menjelaskan, langsung menginformasikan bencana tersebut ke pemerintah daerah dan pihak terkait, khususnya Basarnas, TNI serta Polri.

Pencarian mulai dilakukan pukul 15.00 WITA oleh tim Basarnas bersama Polairud, Dinas Perhubungan, Tagana serta unsur pemerintah setempat.

Disaat ini, 16 ABK lainnya, masih berada di atas kapal yang berlabuh di wilayah Pulau Raja, mengingat kapal tidak dapat bergerak karena mengalami kerusakan hidrolik.

“Sangat beresiko apabila kapal memaksa bergerak, sementara upaya penyelamatan 16 ABK tersebut tengah dilakukan,” ujarnya. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button