Gaya Hidup

Digelar Virtual, ini Manfaat Senam Diabetes

INDOPOSCO.ID – Instruktur senam dan penggiat kesehatan, Citra Rosseline bersama 70 peserta webinar Kesehatan Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon bertajuk ‘Diabetes dan Senam Diabetes’ melakukan senam diabetes secara live pada Sabtu (20/3/2021).

“Senam diabetes mirip dengan senam biasa, tapi gerakannya berfokus pada sejumlah otot besar. Gerakan senam ini juga dilakukan dengan berirama dan berkesinambungan dalam waktu yang lama,” ujar Citra kepada media melalui keterangan tertulis, Minggu (21/3/2021).

Dikatakannya, senam ini bertujuan membuat penderita penyakit diabetes aktif bergerak sehingga metabolisme dalam tubuh juga lebih baik. Manfaat gerakan senam yang akan dirasakan, antara lain membantu mengontrol gula darah, menurunkan kadar glukosa dalam darah dan menjaga keseimbangan berat badan.

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia (peningkatan gula darah) yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya, yang disebabkan oleh gagalnya organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai dan berdampak pada peningkatan kadar glukosa dalam darah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon, Dr. Indraji Dwi Mulyawan, Sp.PD., MKes., FINASIM mengatakan, penyakit DM yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi akut dan komplikasi menahun atau kronis.

“Komplikasi akut ini berbahaya. Karena sifatnya mendadak dan dapat membahayakan kehidupan manusia. Adapun komplikasi menahun, selain mengganggu kualitas hidup, penanganan diabetes mellitus ini memerlukan biaya yang relatif besar,” jelasnya.

Indraji mengingatkan agar penanganan pada pasien diabetes dilakukan secara kontinyu dan terarah mengingat di masa pandemi Covid-19, pengidap diabetes disertai penyakit jantung, berisiko dan sangat rentan terpapar Covid-19 yang dapat merusak organ tubuh.

“Jadi, penanganan yang terbaik adalah dengan segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gejala dan dengan menyampaikan keluhan yang masih berlangsung atau masih terus dirasakan,” pungkasnya. (arm)

Sponsored Content
Back to top button