Nasional

Dianugerahi Doktor Kehormatan IPB, Doni Monardo Terharu

INDOPOSCO.ID – Mantan Danjen Kopassus, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menahan haru saat menyampaikan pidato ilmiah pada penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pidato ilmiah yang disampaikan Doni berjudul ‘Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan’ yang dibacakan di Gedung Graha Widya Wisuda IPB University serta disiarkan secara langsung melalui YouTube TV IPB, Sabtu (27/3/2021).

“Saya akan mempertanggungjawabkan penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh IPB ini. Gelar Doktor Kehormatan ini menjadi energi baru bagi saya terus konsisten membantu menyelamatkan lingkungan dan sumber daya alam Indonesia,” ujar Doni seraya tertunduk menahan rasa haru.

Dalam pidato ilmiah tersebut Doni menceritakan perjalanan kariernya sebagai seorang prajurit TNI yang senantiasa memberikan kontribusi pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Kontribusi tersebut dilakukan Doni dalam berbagai penugasan, mulai saat bertugas di Aceh, Danrem 061/Surya Kencana Bogor, Danjen Kopasus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) hingga kini Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pengalaman Doni Monardo selama berlatih di hutan serta penugasan operasi militer mendorong kecintaanya terhadap berbagai jenis pohon.

Hal itu dibuktikan dengan kegiatan menanam pohon di Brigade Infantri Para Raider III/Tri Budi Sakti, Kariango Sulawesi Selatan, hingga meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

Doni mengembangkan kebon bibit di Rancamaya, Bogor, Jawa Barat dengan menanam 100 ribu bibit tanaman trembesi hingga berlanjut ke Jakarta, Cianjur dan Sukabumi serta Kota Kudus, Jawa Tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button