Nasional

Dianggap Halang-halangi KPK, Pengacara Nurhadi Diperiksa

INDOPOSCO.ID – Dianggap menghalang-halangi dan merintangi kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penyidikan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, advokat Muhammad Rudjito dipanggil lembaga antirasuah tersebut, Jumat (19/3/2021).

Rujito dianggap mencegah dan merintangi serta berupaya menggagalkan secara langsung maupun tidak langsung penyidikan dalam perkara Nurhadi dan kawan-kawan. Nurhadi sendiri saat ini berstatus terdakwa dalam perkara suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA. Nurhadi telah divonis 6 tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka FY (Ferdy Yuman/swasta),” kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri seperti dilansir Antara, Jumat (19/3/2021).

Sebelumnya KPK telah menetapkan Ferdy sebagai tersangka tanggal 10 Januari 2021 lalu. Dalam konstruksi perkara dijelaskan bahwa pada tanggal 11 Februari 2020 KPK telah menerbitkan DPO atas nama tersangka Nurhadi, Rezky Herbiyono (menantu Nurhadi), dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto. Sejak 2017 sampai 2019, Ferdy bekerja sebagai sopir untuk Rezky dan keluarganya.

Pada bulan Februari 2020, Ferdy atas perintah dari Rezky membuat perjanjian sewa-menyewa rumah di Jalan Simprug Golf 17 Suites 1 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan pemilik rumah dan sekaligus menyerahkan uang sewa secara tunai sebesar Rp 490 juta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button