Nusantara

Deteksi Dini Covid-19, Pemkab Lebak Gunakan GeNose di Tempat Wisata

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak merencanakan membeli alat pendeteksi dini Covid-19 berjenis GeNose untuk digunakan di tempat wisata. Hal itu sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona dari wisatawan kepada masyarakat setempat.

Terlebih dalam waktu dekat ini, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Di sisi lain, alat itu untuk mengantisipasi membludaknnya pengunjung pada liburan Idul Fitri.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, saat ini Kementerian Pariwisata sedang mensurvey tempat wisata di Kabupaten Lebak agar sesuai dengan penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada cleanliness atau kebersihan, health atau kesehatan, safety atau keamanan dan environment sustainability atau kelestarian lingkungan (CHSE).

Menurutnya, kawasan wisata akan dibuka secara bertahap sesuai dengan kemampuan pihak pengelola wisata dalam menjalankan protokol kesehatan. Agar tidak terjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Yang kawasan wisata kita bertarap akan membuka kawasan wisata. Sekarang ada survey dari Kementrian terkait dengan wisata yang standar CHSE,” katanya saat ditemui di DPRD Provinsi Banten, Senin (29/3/2021).

Untuk itu sebagai upaya pencegahan, pihaknya akan membeli GeNose untuk digunakan di kawasan wisata. Bagi wisatawan yang terdeteksi, disarankan melakukan isolasi mandiri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button