Ekonomi

Desentralisasi Tambah Akuntabilitas Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Akademisi Sonoma State University Puspa Amri menyatakan kalau desentralisasi yang terjadi di Indonesia menambah akuntabilitas ekonomi di wilayah Indonesia.

“Rakyat dapat menuntut akuntabilitas ekonomi kepada pemerintah daerah,” tutur Puspa Amri disaat berdialog di seminar dalam jaringan daring) bertema Komitmen Demokrasi sebagai Jalan Menuju Kesejahteraan, Rabu.

Puspa juga menyebutkan bahwa melalui desentralisasi, pemerintah daerah yang tidak inovatif, tidak memberikan pelayanan publik yang baik, serta tidak mempedulikan keluhkesah yang datang dari masyarakat, dapat ditagih pertanggungjawabannya.

Desentralisasi juga akan memberi wadah pada masyarakat untuk menuangkan opini dan evaluasi mereka pada pemerintah daerah terkait program- program kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, melalui sudut pandang pemerintah daerah, kebijakan desentralisasi akan memberi wewenang kepada para pejabat untuk menyalurkan anggaran daerah.

Pemerintah daerah akan lebih memahami sektor- sektor di wilayah mereka yang membutuhkan aliran dana, sehingga pemanfaatan anggaran bisa lebih akurat dibandingkan bila pemerintah pusat yang mengarahkan aliran dana.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button