Ekonomi

Desa Pekiringan Purbalingga Siap Kembangkan Potensi Batik Tulis

INDOPOSCO.ID – Desa Pekiringan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dinilai memiliki potensi yang memadai untuk dikembangkan sebagai sentra batik tulis. Ada sebanyak 20 perajin yang masih eksis di sana.

“Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol sangat potensial dijadikan sentra batik tulis. Saat ini ada sebanyak 20 perajin batik tulis yang masih eksis di desa ini,” kata , kata Kepala Desa Pekiringan Adi Kusumantoro seperti dilansir Antara, Sabtu (20/3/2021).

Menurutnya, pengembangan potensi batik tulis di desa ini akan dapat menggerakkan roda perekonomian warga. “Karena itu kami terus berupaya mengembangkan potensi batik tulis yang ada di desa ini sebagai salah satu peluang usaha dan menopang ekonomi masyarakat,” katanya.

Kendati demikian, kata dia, ada beberapa kendala yang dialami perajin batik di desanya, yakni terkait dengan pewarnaan dan pemasaran batik. Untuk mengatasi kendala tersebut, pihaknya mewacanakan untuk membuat sentra batik yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai tempat pewarnaan dan penjualan batik.

“Sentra batik nantinya akan dilengkapi dengan alat-alat pewarnaan batik. Tidak hanya itu, nantinya akan dibuatkan instalasi limbah agar limbah pewarnaan tidak mencemari lingkungan sekitar,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button