Megapolitan

Delapan Kecamatan di Kabupaten Bekasi Rawan Longsor

INDOPOSCO.ID – Wilayah Kabupaten Bekasi dipetakan masuk kategori daerah rawan longsor. Diantara wilayah rawan ada di delapan kecamatan.

Ke delapan kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Bojong Mangu seluas 205 Hektare, Cibarusah 11 hektare, Cikarang Barat 10 hektare, Cikarang Pusat 15 hektare, Cikarang Selatan 15 hektare, Cikarang Utara 5 hektare, Serang Baru 11 hektare, Setu 32 hektare. Dengan demikian, total potensi luas bahaya tanah longsor sebanyak 304 hektare.

“Ada delapan wilayah yang memiliki kerawanan longsor,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln, dikutip dari kabarbekasi, Ahad (23/5).

Dia menambahkan, kejadian bencana di Kabupaten Bekasi terjadi pada 2020. Seperti bencana ekstrem longsor, banjir di beberapa wilayah.

“Bencana 2020 itu diakibatkan karena hujan, hingga genangan air membuat tanah bergerak,” katanya.

Untuk mengantisipasi kejadian terulang, Kabupaten Bekasi sudah mecatat beberapa poin penting dalam pengawasan bahaya tanah longsor ini. Salah satunya, mengimbau warga untuk menanam pohon di pinggir kali dan tanggul. Sehingga menguatkan tanggul dan tidak mengabibatkan lonsgor.

Kemudian, Lincoln juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di kali. Hal itu agar tidak terjadi penyumbatan yang berdampak pada longsor. (arm)

carikan ilustrasi tanah longsor

Sponsored Content
Back to top button