Nasional

Data Tanah Wakaf Kementerian ATR/BPN Terintegrasi Sistem Informasi Wakaf Kemenag

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan mengintegrasi data tanah wakaf yang dimiliki Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (Pusdatin) dengan Sistem Informasi Wakaf (Siwak) milik Kementerian Agama (Kemenag). Ke depannya, tanah wakaf yang sudah terdaftar dan bersertipikat di Pusdatin Kementerian ATR/BPN bisa diidentifikasi langsung oleh Siwak Kemenag.

Hal ini disampaikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil dalam audiensi yang digelar bersama Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) pada Kamis (29/04/2021). “Tentang sinergi Pusdatin dan Siwak, tentu kita berkenan dan senang bila data Pusdatin bisa kita sinergikan dengan data Siwak. Jadi _mirror_ saja. Tanah wakaf yang sudah terdaftar dan bersertipikat di BPN nanti datanya itu apa yang ada di kita bisa disinergikan,” ujarnya.

Sebelum terintegrasi, Pusdatin Kementerian ATR/BPN dan Siwak Kemenag harus menyelaraskan data tanah wakaf yang sudah bersertipikat dan yang hanya memiliki ikrar wakaf. Berdasarkan data Pusdatin, sebanyak 164.000 bidang tanah wakaf telah terdaftar dan disertipikasi. Untuk mempercepat sertipikasi tanah wakaf, akan dilakukan akselerasi lintas sektor dengan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button