Nasional

Data Mingguan dan Mobilitas Masyarakat, Satgas Covid-19: Juni Diprediksi Ada Kenaikan

INDOPOSCO.ID – Angka positif Covid-19 pascalebaran terus meningkat. Kendati, pemerintah telah menerapkan larangan mudik lebaran 2021. Kepala Bidang Komunikasi Publik, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Hery Triyanto menyebut, dari jumlah testing 54 ribu orang, sedikitnya 5.900 dinyatakan positif.

“Kenyataan ini harus kita terima. Dan ada kenaikan dari angka seminggu yang lalu,” ujar Hery Triyanto melalui gawai, Selasa (25/5/2021).

Ia menuturkan, dalam enam hari terakhir terjadi kenaikan kasus orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 secara berturut-turut.

“Bahkan kini muncul klaster-klaster di perumahan yang disebabkan oleh kegiatan saat libur Idulfitri,” katanya.

Ia menegaskan, semakin masifnya upaya tracing akan meningkatkan jumlah kasus Covid-19. Diprediksi, pada bulan Juni mendatang akan terjadi kenaikan kasus Covid-19.

“Ini (Prediksi) berdasarkan data-data mingguan yang dikompilasi dengan trend pergerakan masyarakat,” ungkapnya.

Upaya mitigasi untuk mencegah penularan Covid-19, menurut Hery, pihaknya melakukan penguatan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Hal ini diprioritaskan untuk pencegahan komplikasi di masyarakat.

“Seperti yang dilakukan di Cipayung, melakukan lockdown sampai penularan bisa dikendalikan,” ucapnya.

“Ini juga akan dilakukan di daerah-daerah lain. Seperti di Tegal dan Jambi. Semua kebutuhan masyarakat seperti logistik dipenuhi oleh pemerintah,” imbuhnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button