Nasional

Dapat Dorongan Stakeholder, ini Manfaat Digitalisasi Perparkiran

INDOPOSCO.ID – Sejumlah stakeholder terus mendorong digitalisasi perparkiran karena dinilai memberikan manfaat bagi semua pihak. Selain memudahkan pengelola, sistem ini juga membuat masyarakat merasa aman dan nyaman saat menggunakan jasa parkir.

Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat aplikasi bernama Jakparkir sebagai bentuk digitalisasi pengelolaan parkir di Ibu Kota Negara. Ia mengatakan, Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat ini sedang melaksanakan monitoring dan uji coba aplikasi tersebut.

“Dengan menggunakan aplikasi Jakparkir, pengguna jasa parkir dapat memesan slot satuan ruang parkir yang tersedia di ruas jalan yang akan dikunjungi,” ujarnya saat menjadi pembicara kunci dalam webinar “Digitalisasi Perparkiran, Siapa Diuntungkan?” yang digelar Klub Jurnalis Ekonomi Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Ia berharap dengan adanya digitalisasi, pengelola bisa memastikan laporan yang diterima sesuai dengan jumlah kendaraan yang menggunakan lahan parkir. Adapun jumlah capaian pendapatan dari parkir cukup besar, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019, jumlahnya mencapai Rp532 miliar. Hanya saja, di tahun 2020 mengalami penurunan menjadi Rp352 miliar karena dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button