Nasional

Dana BOS Bisa Untuk Siapkan Infrastruktur PTM Terbatas

INDOPOSCO.ID – Dana bantuan operasional sekolah (BOS) dapat dioptimalkan penggunaannya untuk persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Untuk itu setiap satuan pendidikan harus memenuhi daftar periksa.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Jumeri dalam keterangan, Rabu (9/6/2021).

Ia meminta, selain mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP), infrastruktur, dan sosialisasi penerapan budaya sehat dan bersih, satuan pendidikan harus melakukan upaya kolaborasi dengan fasilitas kesehatan.

“Pemahaman ini tidak hanya peserta didik saja, tetapi juga orangtua. Harus dibangun kesadaran bersama,” ungkapnya.

Ia mengatakam, pembukaan PTM Terbatas sangat bergantung pada kesiapan sekolah dan perkembangan kondisi pandemi di wilayah sekolah tersebut. PTM terbatas juga berbasis pada penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro.

“Jadi tiap akan sama antar 1 provinsi, kabupaten atau kecamatan,” ucapnya.

Menurut dia, PTM terbatas tidak sama dengan pembelajaran seperti sebelum pandemi. Konsep PTM yang benar, dikatakan dia, dengan mengendalikan jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar (Rombel).

“Maksimal jumlahnya separuh dari total peserta didik di kelas. Ada pengaturan jarak, peserta didik tidak harus setiap hari datang ke sekolah, dan sekolah memberikan materi yang esensial pada saat PTM terbatas,” jelasnya.

Bagi orang tua yang belum terlalu nyaman dan yakin mengirimkan anak-anaknya ke sekolah, dapat tetap memilih pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan demikian, sekolah juga perlu memfasilitasi pembelajaran secara PTM terbatas dan PJJ. (nas)

Sponsored Content
Back to top button