Nusantara

Dampak Pandemi, 600 Ribu Warga Kota Serang Jadi Miskin

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 berpengaruh pada perputaran ekonomi di Kota Serang. Akibatnya, ada 600 ribu yang masuk dalam kategori warga miskin baru.

Hal iti diungkapkan langsung oleh Wali Kota Serang Syafrudin. Tidak sedikit warga kehilangan pendapatan atau pekerjaan akibat Covid-19.

Menurutnya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat angka kemiskinan di kota serang mengalami peningkatan. Pada tahun 2019, angka kemiskinan di kota serang hanya sekitar 5,28 persen.

Namun setelah adanya pandemi di tahun 2020, angka kemiskinan meningkat menjadi 6,06 persen dari total jumlah penduduk di Kota Serang sekitar 600 ribuan.

“Saya kira kemiskinan semua (daerah) juga meningkat, Nasional malah lebih meningkat, kita kemarin lima persen sekarang enam persen baru nambah 1 persen. Nasional itu lebih dari empat persen peningkatannya,” katanya, Kamis (12/8/2021).

Syafrudin menjelaskan, meningkatnya angka kemiskinan dilatarbelakangi kasus penularan Covid-19, yang membuat perekonomian masyarakat terganggu. Namun di sisi lain, tidak sedikit masyarakat Kota Serang yang berinovasi untuk melakukan bisnis secara digital.

“Saya kira memang kalau kondisi penanganan covid ini sudah mereda, kemudian juga putaran ekonomi masyarakat sudah berputar normal, dan semua perdagangan sudah dibuka maka kemiskinan akan menurun lagi Insya Allah,” paparnya.

Untuk membantu perekonomian masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, pihaknya mengaku sudah beberapa kali merefocusing anggaran untuk memberikan bantuan baik kepada pengusaha kecil dan masyarakat umum.

“2021 juga kita banyak refocusing anggaran untuk penanganan covid. Anggaran covid malah di 2021 ini di semua OPD ada, bahkan di semua kelurahan, dan juga pemberian bantuan sosial kepada masyarakat, jadi malah lebih besar tahun ini, jadi kalau bicara tidak maksimal malah lebih maksimal sekarang,” terangnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button