Olahraga

Customs Visit Customers, Sarana Eratkan Hubungan dengan Stakeholder

INDOPOSCO.ID – Upaya memfasilitasi dan mengasistensi para pelaku usaha dalam negeri terus dilakukan Bea Cukai, salah satunya lewat program Customs Visit Customers (CVC). Program yang telah dilakukan secara rutin oleh Bea Cukai di berbagai daerah tersebut, merupakan kegiatan untuk mendekatkan Bea Cukai dengan para stakeholders sekaligus sebagai sarana monitoring kepatuhan mereka.

Bea Cukai Teluk Bayur melakukan kegiatan CVC ke PT Jatim Propertindo Jaya yang merupakan perusahaan yang focus pada ekspor cangkang palm kernel shell yang merupakan limbah crude palm oil dan banyak digunakan sebagai pengganti batu bara. “Dalam kesempatan tersebut, perusahaan menyampaikan bahwa akibat pandemi jumlah ekspor menjadi berkurang. Selain itu bea keluar yang cukup tinggi dirasa cukup membebani perusahaan,” ungkap Bayu Sulistiantoro, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I Bea Cukai Teluk Bayur.

Di wilayah Banten, Bea Cukai Tangerang melakukan kegiatan CVC ke PT Multi Bintang Indonesia dan PT Panjang Jiwo yang merupakan perusahaan yang memproduksi minuman beralkohol. Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo mengungkapkan, “kegiatan CVC ini merupakan sarana pembinaan serta untuk menampung masukan dan saran dari para stakeholders.”

Berdasarkan data penerimaan Bea Cukai Tangerang, sebesar 43% penerimaan cukai merupakan kontribusi dari PT Multi Bintang Indonesia. Sedangkan penerimaan Cukai dari PT Panjang Jiwo terus mengalami tren positif dari awal tahun hingga mencapai sekitar Rp120 miliar. Menyongsong program pemulihan ekonomi, tren positif pada penerimaan Cukai yang lambat laun mengalami surplus pada proyeksinya turut berdampak baik. Pembinaan serta pendampingan kepada pengguna jasa termasuk Reksan Cukai senantiasa dilakukan Bea Cukai Tangerang untuk mewujudkan pelayanan prima serta Bea Cukai yang makin baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button