Gaya Hidup

Cukupi Gizi untuk Menjaga Imunitas Anak di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis anak yang merupakan anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Meta Herdiana Hanindita SpA (K) mengatakan salah satu cara menjaga imunitas anak saat pandemi Covid-19 adalah dengan mencukupi asupan gizi mereka.

Data IDAI menunjukkan per 14 Juli 2021, anak-anak menempati 13 persen penderita Covid-19 di antara semua kelompok umur, 1,1 persen penderita Covid-19 anak meninggal dunia.

“Yang utama saat ini adalah menjaga imunitas dan daya tahan tubuh anak. Jangan sampai anak menjadi malnutrisi” kata dr Meta dalam keterangannya pada Minggu (18/7/2021).

Sayangnya, masih banyak orang tua yang menganggap malnutrisi adalah kurang gizi, padahal overweight dan obesitas juga termasuk malnutrisi.

“Karena itu kecukupan gizi anak saat ini menjadi penting,” tambahnya, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dr Meta menjelaskan, pada dasarnya tidak ada perbedaan kebutuhan gizi anak di masa pandemi maupun di luar masa pandemi. Sebab nutrisi di awal kehidupan sangat mempengaruhi masa depan anak.

“Hasil penelitian anak- anak yang malnutrisi akan menjadi pekerja kasar, sementara anak dengan cukup gizi akan menjadi pekerja kerah putih. Karena itu kesalahan asupan gizi pada anak harus diperhatikan sedini mungkin. Misalnya, anak yang sudah terlanjur mengkonsumsi kental manis, harus segera di ganti susunya. Susu kental manis ini sebetulnya kandungan nutrisinya tidak disesuaikan dengan kebutuhan bayi atau anak, jadi harus segera ganti dengan susu yang kandungan protein tinggi, kandungan gula rendah dan memang susu yang dibutuhkan sesuai dengan tahapan perkembangan anak,” kata Meta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button