Gaya Hidup

Covid-19 Bikin Anda Stres? Atasi Dengan Cara Ini

INDOPOSCO.ID – Kasus penularan Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan angka penurunan. Bahkan kian hari semakin bertambah seolah tidak ada garis finish.

Padahal pemerintah sudah berupaya dengan melakukan berbagai kebijakan. Salah satunya dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Namun, masih ada juga masyarakat yang meninggal dunia akibat terpapar corona.

Kabar yang tidak menyenangkan itu mengundang stres. Apalagi, jika yang menjadi korban adalah orang yang dicintai.

Pada usia produktif, tingkat stres yang dialami seseorang cenderung bermula dari pekerjaan. Karena sangat menyita waktu dan tenaga.

Tips untuk seseorang yang mengalami stres, harus ditenangkan dan mengalihkan perhatian untuk sementara agar membantu menoleransi kesulitan. Meskipun, setiap orang memiliki kadar kesedihan yang berbeda.

“Misalnya teman kita merasa sedih setelah kematian orang yang dicintai. Kita tidak perlu sad block dengan mengucapkan udah engga perlu sedih. Karena artinya mereka menghargai arti kehilangan. Sama halnya dengan anak kecil yang kehilangan barang kemudian menangis,” kata Dosen Fakultas Psikolog Universitas Airlangga (Unair), Tri Kurniati Ambarini, Jumat (16/7/2021).

Tri menyebutkan, waktu luang harus diberikan kepada seseorang yang baru saja kehilangan. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengajak beraktivitas positif yang disukai.

“Strategi saat marah, cara yang sehat ialah dengan menenangkan diri sebelum mengatakan sesuatu yang mungkin disesali,” ujarnya.

Jika seseorang mengalami sedih yang berlarut hingga penurunan fungsi otak yang mengganggu aktivitas, maka harus diperiksa kepada ahli psikologi.

“Jika tidak punya akses ke profesional tidak apa-apa. Pilih saja orang yang dianggap bisa memberikan energi positif. Selain itu bisa juga diarahkan ke hal-hal ibadah,” terangnya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar taat menjalankan protokol kesehatan. Sehingga dapat meminimalisir risiko penularan. (son)

Sponsored Content
Back to top button