Nasional

CISSReC: Industri Siber Bisa Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

INDOPOSCO.ID – Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Doktor Pratama Persadha menyebutkan salah satu sektor yang bisa membantu memulihkan ekonomi nasional pada masa pandemi COVID-19 adalah industri siber.

Pratama Persadha mengemukakan hal itu melalui pesan WhatsApp kepada ANTARA di Semarang, Selasa, mengacu pada data tahun 2020 yang menyebutkan nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai lebih dari Rp253 triliun.

“Kami perkirakan akan meningkat menjadi Rp330,7 triliun pada tahun 2021, seperti disebut Presiden RI Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI,” kata Pratama yang pernah sebagai Wakil Ketua Tim Lemsaneg (sekarang BSSN) Pengamanan Pesawat Kepresidenan RI.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (16/8), menyampaikan bahwa Indonesia harus bergeser dari ekonomi berbasis komoditas menuju ekonomi berbasis inovasi dan teknologi.

Presiden juga meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjadi otak pemulihan ekonomi nasional.

Pratama yang juga pakar keamanan siber mengutarakan bahwa pada situasi pandemi saat ini pemulihan ekonomi lewat inovasi teknologi tidak bisa hanya bergantung pada BPPT. Lembaga negara maupun swasta lainnya harus didorong turut membantu inovasi teknologi serta riset.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button