Ekonomi

Ciptakan Konsumen Berdaya dan Pelaku Usaha Bertanggung Jawab

INDOPOSCO.ID – Pemerintah kembali memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas), Selasa (20/4/2021). Ini sebagai upaya kolaborasi dengan pelaku usaha dan masyarakat dalam menciptakan konsumen berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, sejak pandemi Covid-19 berlangsung, konsumsi rumah tangga Indonesia pada kuartal II 2020 mengalami penurunan. Salah satu upaya menumbuhkan kembali ekonomi Indonesia adalah dengan meningkatkan konsumsi produk dalam negeri.

“Indonesia adalah bangsa yang besar, mari menjadi konsumen di negeri sendiri dan bersama-sama pulihkan ekonomi bangsa,” ujarnya, dalam Talkshow peringatan Hari Konsumen Nasional 2021, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (20/4/2021) secara daring.

Harapannya, di masa pandemi Covid-19 ini Harkonas mampu mendorong semangat masyarakat dan pelaku usaha untuk bangkit serta memulihkan kembali ekonomi bangsa. Peringatan ke-9 Harkonas tahun ini mengusung tema ‘Konsumen Berdaya Menuju Indonesia Maju’ dengan subtema ‘Konsumen Berdaya Pulihkan Ekonomi Bangsa’.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan, Veri Anggriono menyampaikan, melalui tema dan subtema ini, konsumen Indonesia diharapkan tidak hanya mengetahui hak dan kewajiban, tapi juga mampu menggunakan hak dan kewajibannya dalam menentukan pilihan terbaik serta membangun rasa nasionalisme yang tinggi.

“Harkonas menjadi momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri. Khususnya di masa pandemi ini, transaksi perdagangan daring semakin meningkat dibanding perdagangan luring,” bebernya.

Hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) tahun 2020 yang dilakukan Kementerian Perdagangan di 34 provinsi menunjukkan, keberdayaan konsumen nasional berada pada level 49,07 atau berada pada level mampu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button