Nasional

Ciptakan Kebijakan Tepat Sasaran, Tiga Menteri Panen Raya Padi di Kabupaten Gresik

INDOPOSCO.ID – Tiga menteri yaitu Menteri Pertanian, Menteri BUMN dan Menteri Perdagangan (Mendag) serta Gubernur Jawa Timur panen raya padi di Desa Tambakrejo Kecamatan Duduk Sampean Kabupaten Gresik Jawa Timur, Jumat (12/3/2021). Panen raya padi tersebut merupakan sinergi antara kementerian untuk menciptakan kebijakan yang tepat guna dan tepat sasaran.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan sinergi antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian BUMN harus terus dilakukan untuk menciptakan kebijakan yang tepat guna dan tepat sasaran.

“Karena menyangkut harga itu ada di Kementerian Perdagangan sehingga harus distrategikan itu, sedangkan Kementerian BUMN akan menyerap hasil panen. Kita harus sama-sama pikirkan negara ini tidak boleh satu orang saja. Jangan cuma cari salahnya tapi kita lihat apa yang bisa kita lakukan bersama,“ ujarnya seperti dikutip Antara.

Akselerasi sektor pertanian, menurut Mentan, harus terus dilakukan dari hulu hingga hilir mulai dari budidaya benih dilanjutkan petik pada pasca panennya kemudian pengolahan hasil, pengemasan hingga penentuan marketplace yang tepat guna memasarkan produk sektor pertanian.

“Keseluruhan ini harus di kerjasamakan dengan baik maka akselerasinya makin tinggi. Pertanian itu tidak pernah mengingkari janjinya sepanjang dilakukan dengan kerja keras pasti menghasilkan,”kata Yasin Limpo.

Mentan juga mendorong pihak perbankan untuk terus menggulirkan dana kredit usaha rakyat (KUR) kepada para petani guna menopang sektor permodalan. Dia berharap ke depannya Kabupaten Gresik menjadi daerah sebagai lokomotif hadirnya ketahanan pangan yang lebih baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button