Internasional

China Terima Delegasi Taliban

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negara China Wang Yi menyatakan kepada delegasi Taliban jika dia mengharapkan kelompok pemberontak itu memainkan peran penting dalam mengakhiri perang Afghanistan serta membangun kembali negara itu.

Sembilan orang perwakilan Taliban bertemu dengan Menlu Wang Yi di Kota Tianjin di China utara pada Rabu, dalam kunjungan 2 hari di mana proses perdamaian serta masalah keamanan dibahas, tutur seorang juru bicara Taliban.

Wang menjelaskan Taliban diharapkan “memainkan peran berarti dalam proses rekonsiliasi damai serta rekonstruksi di Afghanistan”, bagi catatan pertemuan dari Kementerian Luar Negeri China.

Wang juga menyatakan kalau dia berharap Taliban akan menindak Gerakan Islam Turkestan Timur sebab itu merupakan “ancaman langsung terhadap keamanan nasional China”, merujuk pada kelompok yang disebut China aktif di wilayah Xinjiang jauh di China barat.

Kunjungan itu kemungkinan akan semakin memperkuat pengakuan kelompok pemberontak di panggung internasional pada waktu yang sensitif apalagi ketika kekerasan melonjak di Afghanistan.

Militan memiliki kantor politik di Qatar di mana perbincangan damai sedang berjalan serta bulan ini mengirim perwakilan ke Iran di mana mereka mengadakan pertemuan dengan delegasi pemerintah Afghanistan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button