Internasional

China Beberkan 100 Contoh ‘Campur Tangan’ AS di Hongkong

INDOPOSCO.ID – Cina pada Jumat mengatakan daftar bermuatan lebih dari 100 contoh tindakan yang disebutnya sebagai campur tangan Amerika Serikat di Hong Kong.

Salah satu contoh yang dibeberkan adalah bahwa Presiden AS Joe Biden membuktikan dukungan pada suatu surat berita pro demokrasi.

“Amerika Serikat tidak boleh menoleransi gerakan apa pun yang anti China dan menimbulkan masalah di Hong Kong. Kalau tetap menoleransi, tanggung sendiri akibatnya,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, Jumat, pada konferensi pers berkala.

Kemlu China menampilkan daftar tersebut di lamannya, yang memperlihatkan contoh terperinci campur tangan AS sejak 2019 –termasuk penandatangan UU Otonomi Hong Kong pada 2020 oleh presiden AS saat itu, Donald Trump.

Trump kala itu menginstruksikan pembatalan status khusus Hong Kong di bawah undang- undang AS.

Perintah dikeluarkan untuk memidana China atas tindakan- tindakan yang disebut Trump sebagai” penindasan” terhadap Hong Kong.

Kota pusat keuangan itu dikembalikan oleh Inggris ke kemampuan China pada 1997 dengan jaminan bahwa kebebasan di wilayah tersebut dipertahankan.

China mengecam Biden karena sang presiden AS menyebut penutupan surat kabar Apple Daily sebagai “hari yang menyedihkan bagi kebebasan media” serta sebuah tanda “peningkatan penindasan oleh Beijing”.

Apple Daily dituntut berhenti bekerja setelah pascapenggerebekan di kantor pusatnya oleh 500 polisi pada 17 Juni, juga setelah pemejalan aset- aset utama dan rekening bank perusahaan surat kabar itu.

Konglomerat penggagas perusahaan tabloid terkenal pro demokrasi tersebut, Jimmy Lai, saat ini mendekam di penjara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button