Internasional

China Bantah Langgar Batas Wilayah Malaysia

INDOPOSCO.ID – Pemerintah China bersikukuh bahwa pesawat militer mereka tidak melakukan pelanggaran di wilayah udara Malaysia.

“Sepanjang yang saya ketahui, itu latihan rutin yang dilakukan oleh Angkatan Udara China di atas perairan di selatan Kepulauan Nansha. Latihan itu tidak menargetkan negara mana pun. Angkatan Udara China juga berpegang teguh pada Hukum Internasional dan tidak memasuki wilayah udara negara lain,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin seperti dikutip Antara, Rabu (2/6/2021).

Pernyataan itu untuk menanggapi tudingan Malaysia atas adanya 16 unit pesawat angkut militer China melintasi wilayah udara negeri jiran itu. “Pihak China telah mengkomunikasikan masalah ini dengan Malaysia,” ujar Wang dalam pengarahan pers rutin di MFA itu.

China menganggap pesawat angkut strategis militer perlu melakukan penerbangan jarak jauh dan Laut China Selatan merupakan wilayah yang strategis bagi pesawat angkut menjalankan latihan tugas militer dan bantuan kemanusiaan. (wib)

Sponsored Content
Back to top button