Nasional

Cerita Wastra Gelar Kompetisi Foto Daring Kebaya dan Kain Tradisional

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar program Cerita Wastra Tingkat Provinsi. Program ini telah diluncurkan secara daring dengan dihadiri oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Suzana Teten Masduki, dan Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata.

Cerita Wastra merupakan kegiatan dalam rangka memperkenalkan wastra (kain tradisional) yang sarat akan makna budaya nusantara, dalam bentuk kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional. Program ini juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, swasta, komunitas seni-budaya lainnya.

“Cerita Wastra tidak berhenti di kompetisi foto di sosial media saja, Cerita Wastra bekerja sama dengan Kemendikbud menghasilkan video dokumenter mengenai pengrajin Wastra Indonesia hingga busana nasional, pembuatan film dokumenter pengrajin Wastra khusus di destinasi pariwisata super prioritas,” kata Suzana Teten Masduki dalam jumpa pers daring, Jumat (19/3/2021).

Suzana mengajak elemen pemerintah daerah dan Dekranasda dari seluruh provinsi untuk bergerak bersama dalam program Cerita Wastra 2021 dengan harapan dapat memberi dampak positif bagi pengrajin Wastra tradisional dan berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya nusantara.

“Cerita Wastra 2021 kami hadirkan dengan semangat yang sama mempopulerkan Wastra Indonesia menjadi bagian dari busana keseharian untuk semua umur dan kalangan. Harapannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat cerita tentang Wastra budaya lokal yang dimiliki masing-masing daerah,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button