Gaya Hidup

Cerita Fesyen Lokal Indonesia Mendunia

INDOPOSCO.ID – Samuel Wattimena, perancang mode yang fokus pada kain nusantara meyakinkan generasi muda bahwa produk lokal Indonesia, termasuk fesyen bisa mendunia. Dulu saat memulai sebagai perancang busana pada 1979, pria yang akrab disapa Sammy ini kemudian bisa merasakan ‘panggung dunia’ tidak begitu lama setelah berkarier.

Dia menceritakan keberangkatannya ke Tokyo, Jepang untuk mengikuti World Pop Song Festival pada 1980-an. Dan keberangkatannya itu tidak lain karena karyanya dilirik sebelumnya yang berani mengangkat tema kebudayaan Indonesia.

“Saya membuat kostum (saat itu, red) dan kostum yang dipakai oleh mereka itu memenangkan penampilan terbaik di Budokan (arena musik sangat terkenal di Jepang, red),” kata Sammy di Jakarta, Sabtu (27/3/2021), saat pegelaran busana dari hasil karyanya bertajuk ‘An Exotic Journey to Nusantara’ yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI (KBRI) Seoul, Korea Selatan secara virtual.

Dalam acara fesyen yang turut dihadiri Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri itu, Sammy yang memiliki pengalaman sebagai perancang busana puluhan tahun, mengatakan bahwa produk lokal tidak kalah dengan negara-negara maju.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button