Nasional

CEISA 4.0 Hadir, Bea Cukai Sempurnakan Layanan

INDOPOSCO.ID – Menghadapi era industri 4.0, Bea Cukai menyelaraskan perkembangan ini dengan penyempurnaan sistem teknologi informasi yang menunjang pelayanannya. Bea Cukai mengadopsi konsep SMART CUSTOMS (Secure, Measurable, Automated, Risk Management-based and Technilogy-driven). Hal ini guna menciptakan potensi kolaborasi pihak terkait dan inovasi untuk pengembangan bisnis baru, serta menjadikan data sebagai katalisator bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

“Bea Cukai mengembangkan sistem teknologi informasi berbasis aplikasi webform bernama “CEISA 4.0” sejak tahun 2018 silam. CEISA 4.0 memudahkan inetgrasi dan kolaborasi antara G2G (goverment to goverment) , B2G (business to goverment) dan B2B (business to business). Aplikasi yang baru dirilis 2020 ini hadir dengan berbagai perbaikan pada proses komputerisasinya. Harapannya, sistem ini menjadi bahan dasar penentuan kebijakan ke depannya, dengan menghasilkan laporan bersifat deskfiptif yang diharapkan mampu memprediksi pengambilan keputusan. Mulai dari pengembangan platformnya, teknologinya juga menunjang teknologi terkini (Artificial Inteligent, block chain, dll) yang menunjang pengawasan dan pelayanan Bea Cukai secara optimal,” ungkap Kepala Subdirektorat Strategi dan Perencanaan Sistem Informasi Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, Muhammad Hilal Nur Sholihin, pada Selasa (6/4/2021).

Ia juga menjelaskan, CEISA 4.0 mengusung pilar single core system, yakni penyatuan beberapa sistem utama CEISA yang selama ini terpisah, terdiri dari banyak modul aplikasi untuk setiap layanan berbeda, baik impor, ekspor, tempat penimbunan berikat dan FTZ Area. CEISA 4.0, menurutnya mampu mengoptimalkan kegiatan pengawasan dengan pemanfaatan teknologi untuk menunjang profilling, smart targetting, dan passenger risk management pada unit pengawasan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button