Nasional

Cegah Pemalsuan, Bea Cukai Kenalkan Fitur Baru Pita Cukai Tahun 2021

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai di berbagai daerah melakukan sosialisasi secara masif memperkenalkan fitur baru pita cukai tahun 2021 yang diterbitkan oleh Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) sebagai upaya dalam mencegah pemalsuan pita cukai dan menekan peredaran barang kena cukai (BKC) ilegal.

Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai, Nirwala Dwi Heryanto, mengatakan desain pita cukai mengalami perubahan setiap tahunnya dan selalu memiliki tema yang berbeda. Tahun 2020 lalu, desain pita cukai mengusung tema ‘75 RI’. Pada tahun ini, sebagai negara maritim, pita cukai tahun 2021 mengusung tema ‘Biota Laut Indonesia’.

“Perubahan desain pita cukai salah satunya guna meningkatkan keamanan pita cukai agar sulit untuk dipalsukan dan mencegah peredaraan barang kena cukai ilegal,” ungkapnya.

Menurut Nirwala, sosialisasi ini sangat penting agar pengguna jasa dan masyarakat dapat mengidentifikasi keaslian pita cukai. Ia melanjutkan, dengan warna dasar kertas yang kebiruan, pita cukai tahun 2021 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang mirip dengan fitur-fitur keamanan pada uang kertas, seperti hologram, serat microfiber, dan cetakan yang tajam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button