Gaya Hidup

Cegah Mask Acne, Dokter Berikan Saran ini

INDOPOSCO.ID – Di masa pandemi penggunaan masker sudah menjadi gaya hidup dan muncul beberapa permasalahan kulit, salah satunya yaitu mask acne atau jerawat yang timbul akibat penggunaan masker.

“Kasus mask acne tidak terjadi pada semua orang, biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang acne-prone atau sudah mengalami jerawat sejak pandemi,” ujar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUI. Dr. dr. Irma Bernadette, Sabtu (13/2/2021), dikutip dari Antara.

Untuk mencegah mask acne, dokter Irma memberikan beberapa saran, diantaranya dengan mengganti masker rutin tiap 3 jam sekali, sebelum mengganti dengan masker yang baru, wajah sebaiknya dicuci dengan sabun, jika menggunakan masker kain, pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat, misalnya bahan katun.

Selain itu juga perlu menghindari penggunaan foundation atau bedak yang tebal saat menggunakan masker, serta pada pasien yang sedang berjerawat sebaiknya penggunaan sunscreen dihindari (terutama pada kondisi jerawat yang sedang atau berat), sunscreen bersifat oklusif atau menutup pori.

Sehingga tidak dianjurkan. Untuk menghindari paparan radiasi sinar UV jika tidak menggunakan sunscreen pada orang yang berjerawat, masker dapat menjadi pelindung atau dapat menggunakan payung dan topi.

Pada kondisi jerawat yang sudah tidak dapat diatasi sendiri, dokter Irma menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar dapat dilakukan tindakan yang tepat. Untuk berkonsultasi perihal kesehatan kulit, RSUI menyediakan layanan telemedicine.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button