Gaya Hidup

Cara Aman Gunakan WiFi Publik

INDOPOSCO.ID – WiFi publik memanglah amat efisien serta menolong dikala dibutuhkan, namun sayangnya tidak senantiasa nyaman sebab bisa digunakan oleh pelakon kesalahan siber buat melancarkan kelakuan mereka.

Konsumen WiFi publik memiliki kemungkinan mengalami pencurian data yang sangat nyata. Apabila pelaku kejahatan siber mendapatkan data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, serta sebagainya, mereka mampu melakukan pemerasan pada tabungan serta membajak akun pengguna.

Apabila pengguna terhubung ke jaringan yang tidak aman dari perangkat kerja, rahasia bisnis perusahaan mungkin juga bisa berakhir di tangan yang salah. Dalam beberapa kasus, para pelaku kejahatan siber bahkan dapat secara diam-diam menginfeksi perangkat dengan malware, yang masih akan tetap ada meski sambungan dari wifi berbahaya tersebut telah terputus.

Berikut lima tips aman menggunakan WiFi publik yang direkomendasikan oleh Kapresky dikutip dari siaran pers pada Jumat (20/8/2021):

1. Berhati-hatilah dengan WiFi publik

Tidak peduli seberapa menggiurkan ataupun mendesaknya transaksi pribadi, jaringan WiFi tanpa kata sandi tidak dianjurkan untuk menangani informasi penting.

Informasi apa pun yang dikirim atau diterima melalui WiFi publik berpotensi dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke jaringan yang sama. Gunakan WiFi publik untuk membaca berita, tetapi hindari untuk masuk ke layanan apa pun agar akun terhindar dari potensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber.

Bahkan apabila suatu jaringan memiliki kata sandi, hal itu juga tidak menjamin keamanan.

2. Periksa nama wifi secara cermat

Beberapa pelaku kejahatan siber terkadang berada selangkah di depan. Jadi alih- alih terhubung ke jaringan WiFi publik, pengguna justru terkoneksi dengan jaringan buatan mereka sendiri, dengan nama serupa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button