Headline

BUMN Alutsista Harus Diperkuat

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi VI DPR Amin Ak menginginkan pemerintah memperkuat sejumlah BUMN, yang memproduksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) pascatragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402.

“Pengadaan alutsista bisa dipercepat oleh pemerintah dengan memperkuat BUMN. Tidak hanya kapal laut atau selam, tapi juga pesawat, drone, torpedo, kendaraan tempur, dan juga persenjataan lainnya,” katanya dalam rilis diterima Antara di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Amin mengingatkan baik pengadaan alutsista baru maupun peningkatan kemampuan dan kualitas maintenance, repair, and overhaul (MRO) jangan hanya menjadi keinginan sesaat karena ada musibah.

Namun, lanjutnya, harus benar-benar harus lahir dari kesadaran tentang pentingnya penguatan alutsista sebagai bagian dari sistem ketahanan nasional.

“Anggaran yang belum mendesak seperti pembangunan ibu kota negara (IKN) baru bisa dialihkan untuk membiayai BUMN dalam pengadaan dan peremajaan alutsista Indonesia,” tegasnya.

Ia menyebutkan setidaknya terdapat lima BUMN alutsista yaitu PT Dirgantara Indonesia, PT PAL, PT Len Industri, PT Pindad, dan PT Dahana.

Tahun ini dari alokasi APBN untuk Kementerian Pertahanan sebesar Rp137,2 triliun, hanya Rp42,65 triliun dialokasikan untuk program modernisasi alutsista, nonalutsista, dan sarana prasarana pertahanan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button