Nusantara

Brantas Abipraya Bangun Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara

INDOPOSCO.ID – PT Brantas Abipraya (Persero) memperkokoh posisinya sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi yang unggul dalam membangun bendungan. Selain sedang menggarap bendungan tertinggi di Asia Tenggara yaitu Bendungan Bener, saat ini Brantas Abipraya juga tengah merampungkan bendungan terpanjang di Asia Tenggara yakni Bendungan Semantok yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bendungan ini pun ditargetkan selesai pada tahun 2022 mendatang.

“Iya proyek ini ditargetkan selesai tahun depan, karena nantinya Bendungan Semantok diproyeksikan akan memperkuat ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas.

Dia menambahkan bahwa bendungan yang akan menjadi yang terpanjang se-Asia Tenggara ini memiliki panjang mercu bendungan 3.100 meter. Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 31,56 meter.

Nantinya pun bendungan ini dapat menampung air dengan total volume tampung 32,67 juta meter kubik dan luas area genangan 365 hektare, sehingga nantinya saat musim kemarau bendungan ini dapat menyuplai air. Jadi masyarakat tak perlu lagi ketakutan akan tertimpa kekeringan di area persawahannya. Hal ini pun juga dapat meningkatkan produktivitas pertanian, karena dapat mengairi irigasi ke hampir 2.900 hektare lahan sawah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button