Nusantara

Brantas Abipraya Bangun Bendungan Pertama di Sulbar

INDOPOSCO.ID – PT Brantas Abipraya yang merupakan perusahaan konstruksi milik negara ini memantapkan komitmennya dalam membangun Indonesia melalui karya infrastrukturnya, dikenal sebagai jawaranya kontraktor dakam membangun bendungan, kali ini dibuktikan Abipraya dengan membangun bendungan pertama di Sulawesi Barat yaitu Bendungan Budong-Budong, tepatnya di Kabupaten Mamuju Tengah. Bendungan yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini nantinya diharapkan dapat menyokong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat dan sekitar.

“Kami optimistis dapat menyelesaikan proyek ini tepat waktu, targetnya rampung pada Desember 2023. Bendungan ini pun juga akan memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan air secara nasional,” ujar Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Anas menambahkan, mulai dibangun konstruksinya pada Desember 2020, selain dapat menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, bendungan ini juga nantinya diharapkan dapat meningkatkan nilai daya saing Sulawesi Barat lewat infrastruktur, memenuhi perataan pembangunan antar wilayah.

Berlokasi tepatnya di Sungai Salule’bo yang merupakan anak sungai Budong-Budong, bendungan ini nantinya berpotensi memiliki manfaat air baku 0,41 m3/detik, mereduksi banjir 341,59 m3/detik dan dapat mengaliri air untuk irigasi seluas 3.577 Ha. Tak hanya itu bendungan pertama di Sulawesi ini juga dapat bermanfaat menjadi pembangkit listrik 0.60 megawatt.

Bendungan yang bertipe urugan zonal ini memiliki inti tegak volume tampungan sebesar 65,18 juta m3 dan luas genangan sebesar 369,12 Ha sehingga diharapkan dapat mereduksi banjir di kecamatan Budong-Budong, Karossa dan kota Topoyo sebesar 60% di kawasan rawan bencana banjir. Keberadaannya bakal menambah deretan tempat pariwisata di Sulawesi Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button