Nasional

BPPT Lakukan Kajian Kepatuhan Prokes Covid-19, Ini Hasilnya

INDOPOSCO.ID – Dinamika kasus Covid-19 di Indonesia yang sedang menghadapi ‘second wave’ atau gelombang kedua virus Corona, dimana penurunan kasus Covid-19 dipengaruhi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) dikaji Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Dari simulasi yang dilakukan BPPT, perubahan tingkat penularan dipengaruhi oleh mobilitas dan probability (kemungkinan atau potensi tertular, red),” kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (10/7/2021).

Menurut kajian Pusat Pengkajian Teknologi (PKT) BPPT, pada kasus penularan tak terkendali, akan terjadi satu puncak yang tinggi kemudian melandai dengan sendirinya. Itu akan mengakibatkan banyak kematian, sehingga diperlukan upaya melandaikan puncak kurva atau flattening the curve.

Tetapi kondisi tersebut akan berdampak pada sektor ekonomi atau terjadi trade off antara upaya pengendalian dengan penurunan kinerja ekonomi.

Hammam mengatakan, upaya melandaikan kurva kasus Covid-19 dilakukan dengan menurunkan tingkat penularan yang dipengaruhi oleh jumlah kontak orang terinfeksi (akibat mobilitas) dan kemungkinan atau probability tertular. Pengendalian jumlah kontak dilakukan dengan melakukan penurunan tingkat mobilitas, itu memberikan dampak pada penurunan ekonomi. Sedangkan penurunan ‘probability’ dilakukan dengan penerapan prokes dan vaksinasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button