Nasional

BNSP dan Kemendikbud Siap Wujudkan Link and Match Diksi dan DUDI

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menandatangani sebanyak 160 Skema Sertifikasi Nasional LSP P1 Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Kemitraan serta Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Ketua BNSP Kunjung Masehat mengatakan, skema Sertifikasi Nasional ini ditujukan untuk mewujudkan link and match yang kini menjadi fokus Pemerintah dalam menguatkan pendidikan vokasi (Diksi) guna menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia unggul melalui Sertifikasi Kompetensi.

“Ini sebuah kemajuan yang signifikan. Karena selama ini tidak kebayang. Meskipun, sebelumnya di SMK sudah ada komitmen ini. Tapi masih harus dibenahi di sana-sini,” ujar Kunjung Masehat saat penandatanganan160 Skema Sertifikasi Nasional LSP P1 Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Kemitraan serta Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Ia menuturkan, satu skema di setiap kampus atau sekolah tidak bisa menghasilkan lulusan yang sama. Seperti misalnya lulusan bidang pariwisata di sekolah di Yogyakarta dan Bali. “Jadi kita tidak bisa membandingkan satu lulusan dengan lulusan lainnya, meskipun itu satu skema,” katanya.

Kunjung menegaskan, skema yang ada harus terus ditingkatkan. Seperti di sektor pertanian, maritim hingga sektor kontruksi. Karena, memang dibutuhkan agar lulusan pendidikan vokasi link and match dengan dunia industri.”Kalau bisa dari 149 skema yang ada, 6 bulan ke depan harus ditambah. Karena ini sangat dibutuhkan oleh dunia industri,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button