Nasional

BNPB Taburkan 9,2 Ton Garam untuk Antisipasi Banjir di Jakarta

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengantisipasi potensi dampak cuaca hujan berintensitas tinggi. Operasi TMC dengan menggunakan dua jenis pesawat telah mendistribusikan bahan semai garam natrium klorida (NaCl) mencapai 9.200 kg atau 9,2 ton.

“TMC bertujuan untuk menurunkan hujan ke wilayah yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk, atau sebelum awan memasuki kawasan padat penduduk, seperti di wilayah Selat Sunda dan Laut Jawa,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Operasi TMC ini bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan TNI AU serta dukungan Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait lain melakukan operasi TMC telah dilaksanakan sejak pekan lalu.

Hingga hari Rabu (24/2/2021), Operasi TMC dengan menggunakan dua jenis pesawat itu telah mendistribusikan bahan semai Natrium Clorida (NaCl) mencapai 9.200 kg di beberapa wilayah Indonesia.

Rinciannya, pada hari Minggu (21/2) 800 kg bahan semai sudah ditaburkan di atas kawasan pesisir barat Serang dan pesisir timur Lampung. Lalu pada Senin (22/2), 2.400 kg dan 800kg bahan semai NaCl didistribusikan di wilayah pesisir barat Teluk Lampung, Lebak, Selat Sunda serta utara Ujung Kulon.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button